Menu

27 Poktan dapat Bantuan Alsintan di Tanah Datar

  Dibaca : 56 kali
27 Poktan dapat Bantuan Alsintan di Tanah Datar
TERIMA—Kadis Pertanian terima sejumlah alsintan dari Anggota DPR RI Harmanto, disaksikan Ketua PKS Adib Fadil bersama pengurus

TANAHDATAR, METRO–Sebanyak 27 Kelompok Tani (Poktan) Tanah Datar memperoleh bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Al­sintan) dari Anggota DPR RI Hermanto yang dise­rahkan secara simbolis, Kamis (12/8) di kantor Di­nas Pertanian Tanah Datar yang turut disaksikan Bu­pati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bidang Ekobang dan Keuangan Nusyirwan, Kadis Pertanian Yulfiardi dan undangan lainnya.

Mewakili Bupati, Nu­syirwan menyampaikan terimakasih atas perha­tiannya untuk Tanah Datar.

Nusyirwan jelaskan ma­yoritas masyarakat Ta­nah Datar bergerak di bi­dang pertanian dan men­jadi pemasok pangan di Sumatera Barat, tentunya ke depan hal ini setidaknya bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

“Saat ini lahan per­ta­nian semakin berkurang karena berbagai alasan dan sebab, karenanya de­ngan lahan yang ada petani diharapkan mampu me­ningkatkan produktivitas lahan dengan berbagai cara, salah satunya ten­tunya dengan peman­faa­tan yang maksimal dari bantuan Alsintan yang di­be­rikan, baik dari DPR RI, Provinsi, ataupun Pem­kab Tanah Datar,” ujarnya.

Sementara itu Her­man­to menyampaikan, di tengah kondisi negara saat ini di mana dari berbagai sektor, sektor Pertanian mampu bertahan dan me­ngalami tren naik.

“Kita melihat potensi bidang pertanian ini sangat baik untuk dikembangkan di tengah kondisi saat ini, terutama juga saat Pan­demi Covid-19. Untuk itu bantuan seperti yang dise­rahkan hari ini diharapkan mampu untuk membantu masyarakat petani melalui Gapoktannya di Tanah Da­tar,” ujarnya.

Di kesempatan itu juga, Kadis Pertanian Yulfiardi menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas bantuan yang diberi­kan anggota DPR RI ini. “Alsintan yang diberikan tentunya akan sangat mem­bantu dan mem­per­mudah pekerjaan petani, karenanya manfaatkanlah dengan semaksimal mung­kin,” ujarnya.

Adapun 27 Alsintan yang diberikan, ujar Yulfiardi, terbagi 2 macam yakni 17 unit Alsintan Pra Tanam dan 10 unit Alsintan Pasca Panen. “Alsintan Pra Ta­nam berupa 1 unit TR-4, 6 unit TR–2, 2 unit Cultivator dan 8 unit pompa air ter­sebar di Poktan di Keca­matan Rambatan, Lima Kaum, Batipuh, Pariangan, Lintau Buo Utara, Batipuh Selatan, Sungai Tarab, Tan­jung Emas dan Lintau Buo. Sedangkan Alsintan Pasca Panen berupa 2 unit power thresher, 4 unit power th­re­sher multiguna, 3 unit corn sheller dan 1 unit corn sheller mobile tersebar Poktan di Kecamatan Lin­tau Buo Utara, Salimpaung, Batipuh Selatan, Lintau Buo Utara, Rambatan dan Sungai Tarab,” pungkas­nya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional