Close

25 Kios Pasar Bawah Ludes Terbakar, Diduga Sengaja Dibakar, OTK Diamankan dengan Bukti BBM

KEBAKARAN PASAR— Petugas Damkar berupaya memadamkan api yang membakar puluhan kios di Pasar Bawah.

BUKITTINGGI,METRO–Musibah kebakaran kembali melanda kawasan Pasar Bawah Bukittinggi, Rabu (24/11) sekitar pukul 01.00 WIB. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun 25 pe­tak kios pedagang ludes terbakar hingga menim­bul­kan kerugian ratusan juta.

Parahnya, titik keba­karan berada di dua lokasi. Pertama di kawasan Pasar Aur Tajungkang Tengah Sawah dan di kawasan dekat Jembatan Gantung Bukittinggi. Kios-kios yang terbakar merupakan pen­jual rempah, aksesoris dan kerupuk sanjai.  Parahnya, kebakaran di kawasan Pa­sar Bawah ini merupakan yang ketiga kalinya di ta­hun ini.

Sekretaris Damkar Bu­kittinggi, Susilo menga­takan kebakaran yang ter­jadi persis berada di sisi jembatan gantung Pasar Bawah dan Pasar Aur Ta­jungkang Tengah Sawah. Kerugian awal diperki­ra­kan sebesar Rp 625 juta dan pihaknya mengerah­kan 12 unit armada yang pemadaman.

“Unit pemadam yang melakukan pemadaman terdiri atas tiga unit Dam­kar Agam, satu unit Dam­kar Padang Panjang, satu unit Damkar Payakumbuh dan tujuh dari Bukittinggi. Total personel 54 orang terdiri dari 22 orang dari Bukittinggi, 16 dari Agam, 10 dari Padang Panjang dan 6 dari Payakumbuh,” kata dia.

Pascakejadian, tim Ina­fis Polres Bukittinggi lang­sung mendatangi lokasi untuk melakukan olah TKP. Sementara, di lokasi, juga sudah disegel meng­guna­kan garis polisi untuk ke­pentingan penyelidikan. Bahkan, dari keterangan sementara dilaporkan satu orang diamankan oleh Po­lisi terkait kebakaran ini.

Diduga Sengaja Dibakar

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyebut pi­hak kepolisian menga­man­kan terduga orang yang terlibat dalam kasus keba­karan ini dengan ba­rang bukti bahan bakar yang didapat dari tangannya.

“Kebakaran tadi ma­lam, polisi sudah me­nga­mankan satu orang yang diduga ada kaitannya, ma­sih diduga, juga dia­man­kan BBM jenis Pertalite dan minyak tanah, perkem­bangannya akan disam­paikan,” kata, Erman Safar, Rabu (24/11)

Dengan adanya du­gaan kesengajaan itu, Er­man Sa­far pun mengakui kecewa dan mengutuk atas tindakan tidak terpuji yang dilakukan pelaku jika benar Pasar Bawah sengaja diba­kar.

“Sangat kecewa dan mengutuk atas aksi pem­bakaran yang disengaja ini jika nanti terbukti, korban adalah saudara-saudara kita yang berdagang untuk bertahan hidup sehari-hari,” ungkap Erman Safar.

Erman Safar menu­tur­kan, kebakaran Pasar Ba­wah yang menghanguskan 25 petak kios itu dicurigai dibakar oleh orang atau pihak tidak bertanggung jawab karena api berasal dari tiga titik yang terbakar hampir bersamaan.

“Kami akan melakukan langkah antisipasi untuk keamanan seluruh pasar yang ada di Bukittinggi untuk masa berikutnya. Karena sudah beruntun, kita akan lakukan strategi baru mengamankan pasar di Bukittinggi, harus ada langkah antisipasi musibah ini baik karena kelalaian atau pihak tidak bertang­gung jawab,” tegas Erman Safar.

Terkait kebakaran ini, Erman Safar menyam­pai­kan duka mendalam atas musibah yang terjadi dan bersamaan memberikan bantuan kepada pedagang yang mengalami musibah di Air Tajungkang sebe­lumnya.

“Seperti penanganan musibah di Los Maco dan Pasar Aur Tajungkang, kita lakukan pendataan awal kepada seluruh korban, dibersihkan dan diperbaiki, kita turut berduka dan meminta kesabaran peda­gang dalam prosesnya karena kita tidak ingin ada kesalahan dalam urusan administrasi,” kata dia.

Terpisah, Kapolsek Bu­kittinggi, AKP Rita Suryanti membenarkan adanya sa­tu orang yang saat ini dia­mankan di Polres Bu­kit­tinggi karena diduga terkait dengan terjadinya keba­karan di Pasar Bawah.

“Ada satu orang yang saat ini diamankan usai terjadinya kebakaran di ka­wasan Pasar Bawah. Yang bersangkutan berada di Polres Bukittinggi, sta­tus­nya masih dalam pemerik­saan,” pungkas AKP Rita. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top