Menu

23 Orang Terjaring Operasi Yustisi di kawasan Pasar Biaro, Kecamatan Ampek Angkek

  Dibaca : 88 kali
23 Orang Terjaring Operasi Yustisi di kawasan Pasar Biaro, Kecamatan Ampek Angkek
OPERASI YUSTISI—Sebanyak 23 orang terjaring operasi yustisi yang dilaksanakan petugas Satgas Penanganan Covid-19 di sekitar kawasan Pasar Biaro.

AGAM, METRO–Sebanyak 23 orang ter­jaring operasi yustisi akibat melanggar protokol keseha­tan, di kawasan Pasar Biaro, Kecamatan Ampek Angkek, Selasa (3/8). Akibat pelang­garan yang dilakukan, me­reka langsung disidang di lokasi penertiban secara virtual dengan melibatkan Pe­­nga­­di­lan Negeri Bukit­tinggi.

Hasil dari sidang itu, kata Kabid KL BPBD Agam, Syaf­rizal, sebanyak 13 orang dike­nakan sanksi sosial dan 10 orang bayar denda, dengan sasaran operasi di pasar dan lokasi berpotensi menim­bulkan keramaian. “Sanksi sosial diberikan berupa mem­bersihkan fasilitas umum dan denda Rp100 ribu setiap pe­langgar,” ujar Syafrizal.

Menurutnya, operasi ini dilaksanakan dalam rangka pendisiplinan penerapan pro­tokol kesehatan, dalam rang­ka mengurangi penyebaran Covid-19 khususnya di Kabu­paten Agam.

Operasi ini digelar, te­rangnya, sesuai dengan Perda Sumbar nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. “Bagi yang melanggar pro­tokol kesehatan, selain sanksi administrasi dan sosial, juga diberlakukan sanksi kurungan bagi mereka yang telah be­rulang-ulang melakukan pe­langgaran,” kata Syafrizal.

Dikatakannya, operasi yus­tisi akan terus dilakukan di pasar dan tempat yang ber­potensi menimbulkan kera­maian untuk pendisiplinan prokes, tidak hanya ma­sya­rakat tapi juga berlaku untuk semua kalangan.

Operasi yustisi melibatkan beberapa unsur seperti BPBD Agam, Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Agam, Dinas Perhubungan, TNI, Pol­ri, Kejaksaan Negeri dan Pe­ngadilan Negeri. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional