Close

50 Aktivis Pariwisata Dilatih Pemandu Wisata dan Budaya di Kota Bukittinggi 

PELATIHAN WISATA— Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar berfoto bersama dengan puluhan peserta pemandu wisata dan budaya yang digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

BUKITTINGGI, METRO–Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi menggelar pelatihan pemandu wisata dan budaya. Kegiatan dibuka langsung Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Rabu (21/9).

Kabid Parekraf Dinas Pariwisata dan Olahraga Kota Bukittinggi Aprilia Astuti, menjelaskan, kegiatan pelatihan pemandu wisata dan budaya ini, dilaksanakan melalui DAK non fisik tahun 2022 yang ditujukan untuk mewujudkan misi keempat, “Hebat Dalam Sektor Kepariwisataan, Seni dan Budaya”.

“Sasarannya, pelatihan ini untuk mewujudkan 50 orang yang bertugas objek wisata dan praktisi pemandu wisata, memiliki kompetensi untuk meman­du budaya dan sejarah di Kota Bukittinggi secara profesional,” kata April.

Menurutnya, peserta yang mengikuti pelatihan dengan komposisi DPC himpunan pramuwisata Kota Bukittinggi yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 20 hingga 22 September 2022.

“Dalam pelatihan ini 60 persen materi di dalam ruangan dan selanjutnya adalah kegiatan orientasi lapangan,” kata dia.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, pemandu wisata dan pokdarwis merupakan penyampai informasi pada wisatawan yang butuh kesamaan persepsi dan informasi yang akan disampaikan pada wisatawan dan pengunjung Kota Bukittinggi.

“Para pemandu wisata harus banyak membaca dan mengetahui sejarah, cerita cerita itu lah yang disampaikan pada pengunjung, karena Bukittinggi dikenal dengan kota wisata sejarah,” kata Wako.

Ia menambahkan imbauan agar jangan sampai pemandu wisata memberikan informasi yang salah dan tidak pasti kepada wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi.

“Untuk itu semua, harus tahu, mana yang sejarah, mana yang tambo, mana yang hikayat, saya meminta pada pemandu wisata untuk memberikan layanan yang baik dan ramah pada pengunjung sehingga pelatihan ini dapat memberikan manfaat,” pungkas wako. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top