Menu

2021, Nasib Pelajar Masih belum Jelas

  Dibaca : 287 kali
2021, Nasib Pelajar Masih belum Jelas
Habibul

AIAPACAH, METRO
Hingga kini Kota Padang masih berada di zona merah. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang belum bisa memastikan, kapankah pembelajaran di sekolah bisa kembali dilaksanakan.

“Kita belum tahu sampai kapan belajar online, termasuk di tahun 2021. Masih belum ada kejelasan. Kita menunggu instruksi dulu dari pemerintah,” terang Habibul, Jumat (9/10).

Ia menjelaskan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota, untuk menentukan apakah sekolah akan kembali dibuka atau belum. Terkait keluhan orang tua soal paket internet, menurut Habibul, tetap memanfaatkan apa yang ada saja. Yakni dari orang tua.

“Ya, mau bagaimana lagi. Untuk sementara manfaatkan saja apa yang ada,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, Medi Iswandi menyebutkan, bahwa di 2021, Pemko Padang telah menyiapkan anggaran untuk menyediaan internet gratis di masjid dan mushalla yang ada di 104 kelurahan di Kota Padang.

Wifi gratis ini bisa dimanfaatkan pelajar untuk belajar di masjid atau mushalla. Kepala Diskominfo Kota Padang, Rudy Rinaldy juga mengatakan, saat ini telah ada 125 titik jaringan internet gratis yang bisa dimanfaatkan warga Kota Padang. Sebanyak 41 spot dipasang di OPD Pemko Padang, 23 puskesmas, 11 kantor camat dan 50 di kantor lurah se-Kota Padang.

Rencananya di akhir tahun 2020 ini terang Rudy, sebanyak 54 kelurahan lagi akan dipasangi internet yang bisa dimanfaatkan warga sekitar. “Tahun ini kita targetkan semua kelurahan sudah terpasang wifi gratis ini. Jadi bagi warga atau pelajar yang mau mendapatkan internet gratis bisa datang ke kantor lurah,” sebut Rudy.

Ratusan titik ini dikatakan telah menjangkau semua sudut kota. Termasuk di lokasi paling terjauh di Sungai Pisang. Tak hanya itu, di 2021 terang Rudy, pihaknya telah merencanakan untuk memasang internet gratis di 11 masjid yang berlokasi di 11 kecamatan di Kota Padang. Satu kecamatan satu masjid akan dibiayai Pemko.

Selebihnya, ia mengimbau semua masyarakat yang memiliki kelebihan uang untuk bisa memasang internet gratis di semua masjid dan mushalla se-Kota Padang. Dengan begitu warga yang membutuhkan internet akan sangat terbantu.

“Ke depannya kita mengimbau agar masyarakat yang memiliki rezeki yang lebih untuk ikut berpartisipasi memasang internet gratis di semua masjid dan mushalla se-Kota Padang. Kita mau jadikan kantor lurah, masjid dan mushalla sebagai tempat pembelajaran daring bagi pelajar kita,” tandas Rudy. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional