Menu

2021, Iven Pariwisata di Sumbar Disiapkan

  Dibaca : 372 kali
2021, Iven Pariwisata di Sumbar Disiapkan
FESTVAL DANAU— Festival Lima Danau terinspirasi dari keberadaan dan keindahan panorama 4 danau yang ada di di Kabupaten Solok, yang diagendakan di tahun 2021.

PADANG, METRO
Meski pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman kehidupan masyarakat Provinsi Sumbar, namun tahun 2021, sektor pariwisata di daerah ini mulai menggeliat.

Hal ini terlihat dari berbagai agenda pariwisata yang telah ditetapkan Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar melalui kalender event Sumbar tahun 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Novrial mengungkapkan, di masa pandemi ini, berbagai event pariwisata mulai kembali digelar tahun 2021 nanti. Namun, pergelaran berbagai event ini tentunya dengan memedomani adaptasi kebiasaan baru (AKB) melalui penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Ada sekitar 45 event yang akan diselenggarakan pada tahun 2021 nanti. Novrial menyebutkan dalam kalender event pariwisata Provinsi Sumbar, di bulan Januari 2021, akan dilaksanakan Festival Pamalayu di Kabupaten Dharmasraya, yang akan berlangsung 1 hingga 7 Janurai nanti.

Festival Pamalayu digelar untuk mengulang sejarah kerajaan di Kabupaten Dharmasraya. Salah satu bukti sejarahnya yaitu Arca Amogaphasa yang saat ini disimpan di Museum Nasional bersama Arca Bhairawa. Bertepatan dengan hari jadi kabupaten ini, Festival Pamalayu menyuguhkan agenda karnaval, arung palamalyu, workshop, heritage, jurnalis trip, seniman sejarah Dhramasraya dan banyak agenda lainnya.

Di Bulan Januari nanti juga ada Serak Gulo dan Indian Culture yang dilaksanakan 14 Januari. Serak Gulo adalah kegiatan festival kebudayaan masyarakat Kota Padang India, Kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan shalat Ashar secara berjamaah dilanjutkan dengan pemasangan bendera dengan logo bulan sabit dan bintang sebagai simbol agama Islam.

Setelah itu, gula yang dibungkus dengan kaim beragam corak dan warna ukuran sebanyak 200 gram dibagikan dengan cara dilempar ke arah bawah dari atas mesjid, oleh sejumlah orang mewakili masyarakat Indiea Kota Padang dan tokoh masyarakat.
Kemudian juga ada Festival Cap Go Meh, yang akan dilaksanakan 28 Januari hingga 3 Februari di Kota Padang.

Berikutnya di bulan Februari, juga ada event Festival Lansek Manih, 11 hingga 14 Februari di Kabupaten Sijunjung, Maapam, 13 hingga 14 Februari di Kabupaten pasaman Barat. Di Bulan Maret juga ada Festival Lima Danau yang akan berlangsung 31 Maret hingga 4 April.

“Pada kalender tahun 2021 nanti, setiap bulannya selalu ada event pariwisata. Bahkan sejak Juli hingga Desember 2021 nanti, event pariwisata cukup padat dilaksanakan di berbagai daerah di Sumbar,” ungkap Novrial.

Termasuk juga event balap sepeda internasional Tour de Singkarak yang akan mulai digelar kembali tahun 2021 nanti, pada tanggal 4 hingga 12 September 2021 nanti.

“Dengan adanya kalender event pariwisata yang telah kita siapkan ini, kita harapkan sektor pariwisata di Sumbar dapat kembali menggeliat di masa pandemi Covid-19 ini dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru,” harapnya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional