Menu

2021, DPMTSP Kembangkan Dua Aplikasi Perizinan

  Dibaca : 110 kali
2021, DPMTSP Kembangkan Dua Aplikasi Perizinan
Corri Saidan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Padang

AIAPACAH, METRO
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Padang, Corri Saidan mengatakan, pada tahun 2021, akan dikembangkan dua aplikasi untuk pengurusan perizinan.

Aplikasi perizinan ini berupa Sistim Informasi Bangunan Gedung (SIMBG) untuk pengurusan perizinan IMB dan SLF. Selanjutnya, aplikasi perizinan SICANTIK CLOUND, untuk perlayanan terpadu untuk publik.

“Insya Allah tahun 2021, kita juga akan menggunakan SIMBG, kemudian Si Cantik yang dikembangkan pusat,” tukas Corri, kemarin.

Corri menambahkan, pengembangan aplikasi perizinan ini menyesuaikan dengan ketentuan yang telah ada. “Harapan kita di tahun 2021, kita akan mengembangkan aplikasi tersebut. Karena sesuai ketentuan, perizinan yang kita lakukan harus dengan elektronik,” sebutnya.

Menurunya, jadwal pengembangan aplikasi berkaitan dengan disahkannya Undang-undang tahun 11 tahun 2020 Cipnaker. “Kita juga menunggu, jadwal pengembangan aplikasi, berkaitan dengan keluarnya Undang-Undang Cipta Kerja, No 11 tahun 2020,” ujarnya.

Sebelumnya, DPMPTSP Padang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan 42 izin. Corri mengatakan, hal ini berdasarkan Perwako no 63 tahun 2020 tentang pendelegasian wewenang yang diberikan Wali Kota ke DPMPTSP.

Corri mengungkapkan, sampai Oktober 2020, realisasi perizinan yang sudah dikeluarkan capai 83 persen. “Dari 42 izin tersebut Sampai Oktober 2020, kita sudah menerbitakan izin sampai 83 persen diterbitkan,” tandas Corri.

Corri menyebutkan, dibandingkan tahun 2019, realiasi perizinan ini hampir sama. Maka dimasa Pandemi Covid -19 perizinan dengan menerapakan protokol kesehatan.

Tahun 2020 ini juga sudah dimaksimalkan perizinan yang terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS). “MPP yang ada di Pasar Raya Padang tetap banyak dikunjungi masyarakat yang ingin mendapatkan infromasi OSS dan aplikasi yang digunakan,” sebutnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional