Menu

2020, Tiga Iven Nasional Digelar di Padang, Dinas PUPR Lakukan Tender Dini

  Dibaca : 822 kali
2020, Tiga Iven Nasional Digelar di Padang, Dinas PUPR Lakukan Tender Dini
TROTOAR S PARMAN— Dinas PUPR Kota Padang mengebut pengerjaan sejumlah titik trotoar hingga akhir tahun ini. Salah satunya trotoar di jalan S Parman, yang telah dipasang bollard dan bangku. (wista yuki/posmetro)

UJUNGGURUN, METRO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang akan melakukan tender dini pada Desember 2019. Tender ini dilakukan salah satunya untuk menghadapi tiga iven berskala nasional yang digelar di Kota Padang pada 2020.

Iven tersebut yaitu, Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII pada Juni nanti. Kemudian, juga ada Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan XVI yang juga dilaksanakan pada Juni, serta MTQ tingkat nasional.

Kepala Bidang Sumbar Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Padang, Fadelan Fitra Masta mengatakan, tender dini ini dilakukan sesuai dengan arahan Wali Kota Padang tentang tender dini untuk paket-paket anggaran 2020. Sehingga dengan begitu, kegiatan-kegiatan di Kota Padang bisa dipercepat.

“Dengan tender dini yang dilaksanakan pada Desember nanti, maka awal tahun sudah dimulai pengerjaan. Ditargetkan kepada Juni 2020 nanti, pengerjaan sudah selesai,” ujar Fadel, Rabu (13/11).
Salah satu kegiatan yang ditender tersebut yaitu pengerjaan trotoar di Padang. Fadel menyebutkan, untuk 2020, pengerjaan pembangunan trotoar dilakukan di beberapa titik. Diantaranya, lanjutan pembangunan trotoar di Jalan Khatib Sulaiman dari Hotel Whiz hingga ke Masjid Raya.

Kemudian, trotoar di Jalan Nipah, Jalan Koto Tinggi, Jalan Andalas, lanjutan pembangunan di Jalan S Parman dan Jalan Ahmad Dahlan. Selain itu, juga ada pengerjaan trotoar di titik-titik lainnya yang saat ini dalam perencanaan.

Untuk pengerjaan trotoar pada 2019 ini yang berada di 15 titik ungkap Fadel, pengerjaannya sudah mencapai 95 persen. Beberapa titik malahan sudah tuntas seperti di Jalan Sawahan, Jalan Mangunsarkoro, Jalan Proklamasi dan Jalan Veteran.

Sedangkan yang belum tuntas diantaranya, Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Gajah Mada, Terandam, Jalan Thamrin, Rawang, Siteba dan Simpang Haru.

“Titik-titik lain yang belum ini, pengerjaannya hampir siap. Tinggal finishing, seperti merapikan trotoar. Targetnya, semua pengerjaan trotoar tuntas pertengahan Desember. Semua trotoar dilengkapi dengan lampu hias dan bangku,” tukasnya.

Khusus di Jalan Khatib Sulaiman kata Fadel, pengerjaan trotoarnya sudah 97 persen. Selain ada lampu hias dan bangku, di trotoar di Jalan Khatib Sulaiman juga ada lukisan di dinding yang dibuat pelukis Taman Budaya. Tema lukisannya mengangkat ukiran Minang.

Selain itu sebut Fadel, di trotoar Khatib ini juga ada spot untuk puisi tentang Khatib Sulaiman yang merupakan karya dari Buya Hamka.

“Hal ini kita buat untuk mempercantik kawasan Jalan Khatib Sulaiman,” bebernya.

Fadel menjelaskan, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang 2014-2019, target pengerjaan trotoar yaitu 44 km. Hingga saat ini, target RPJMD tersebut terlewati dengan pencapaian pengerjaan trotoar sepanjang 44,2 km hingga akhir tahun ini.

Tahun ini, Pemko Padang membangun trotoar di kawasan SMA 1 Padang, Jalan Beringin Raya, Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Gajah Mada, Jalan Proklamasi, Jalan Ksatria, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Agus Salim, Jalan MH Thamrin dan Jalan Kampung Nias. Kemudian, Jalan Veteran, Jalan Sutan Syahril, Jalan Kis Mangunsarkoro, Jalan S Parman, Jalan Proklamasi, Jalan Raya Siteba, Jalan Jamal Jamil dan Jalan Andalas.

Tahun ini pengerjaan pembangunan trotoar di Kota Padang dianggarkan senilai Rp32 miliar. Anggaran itu dialokasikan untuk membangun trotoar sepanjang 11,5 km di 15 titik. Pembangunan trotoar di 16 titik dipilih karena memang sudah menjadi kebutuhan kota. Kemudian, juga ada usulan dari masyarakat melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional