Menu

2020, Pemko Targetkan 1 Kelurahan Miliki Rumah Pustaka

  Dibaca : 136 kali
2020, Pemko Targetkan 1 Kelurahan Miliki Rumah Pustaka
Ilustrasi

SUDIRMAN, METRO – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang menargetkan Rumah Pustaka dan Peduli Arsip Masyarakat (RPPAM) akan hadir di setiap kelurahan pada 2020 mendatang.

Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Ramson mengungkapkan, saat ini RPPAM baru ada di Pagang Dalam, Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo. Program RPPAM di Kurao Pagang baru diluncurkan pada Agustus 2019.

“Kita upayakan nanti setiap kelurahan ada RPPAM tahun depan,” kata Ramson, Senin (9/12).

Menurutnya, konsep RPPAM merupakan inovasi untuk menggerakkan masyarakat agar gemar dan meningkatkan minat membaca. Dengan RPPAM, kegiatan literasi bisa berkembang di tengah masyarakat.

“Inovasi ini telah dilaunching wakil wali kota dan dihadiri Kepala Arsip Nasional,” sebutnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya juga memprogramkan pustaka keliling. Namun untuk sementara ini pustaka keliling baru melayani dunia pendidikan. Karena keterbatasan kendaraan operasional.

“Saat ini kita baru punya dua unit mobil dan satu betor. Sehingga kami baru melayani sebagian kecil satuan pendidikan di Kota Padang, terutama SD,” papar mantan Kabid Dikdas Disdik Padang ini.

Melalui pustaka keliling, diharap bisa meningkatkan minat baca di kalangan pelajar, sehingga gerakan membaca di masyarakat akan dapat terwujud. “Kita terus melakukan inovasi dan berbagai kegiatan guna meningkatkan minat baca masyarakat,” ujarnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional