Menu

2020, Kasus Kekerasan Perempuan Menurun

  Dibaca : 184 kali
2020, Kasus Kekerasan Perempuan Menurun
Fatmiyeti Khahar

PARIAMAN, METRO
Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Pariaman pada 2020 tercatat delapan kasus atau turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 18 kasus. Ketua Lembaga Perlindungan Korban Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (LPKTPA) unit Rumah Perlindungan Sosial Anak Kota Pariaman mengatakan, penurunan tersebut karena Pemerintah Kota Pariaman rutin melaksanakan sosialisasi ke desa-desa.

Ia mengatakan, sosialisasi tersebut tidak saja dilakukan oleh Pemko Pariaman melalui dinas terkait namun juga pemerintah desa. Menurutnya kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Pariaman disebabkan karena kontrol emosi dan pemahaman agama warga yang mulai menipis.

“Kalau kekerasan terhadap perempuan dan anak disebabkan faktor ekonomi itu sudah nomor sekian, namun jelasnya disebabkan karena kontrol emosi dan agama yang menipis,” katanya.

Oleh sebab itu, peningkatan kesadaran warga melalui sosialisasi diperlukan guna menekan terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Pariaman.

Ia merincikan pada 2020 jumlah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) atau perempuan di Pariaman enam kasus dan kekerasan terhadap anak dua kasus. Sedangkan jumlah kasus KDRT di Pariaman pada 2019 mencapai sembilan kasus dan kekerasan terhadap anak sembilan kasus.

Kata Fatmiyeti Khahar, untuk jumlah kasus anak berhadapan dengan hukum tiga kasus pada 2020, sedangkan pada 2019 sebanyak enam kasus. Pasalnya, untuk menekan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Pariaman juga diperlukan partisipasi dari semua pihak.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan suatu pelanggaran. “Sosialiasi rutin dilakukan dan ternyata efektif untuk menyadarkan orang tua atau orang dewasa untuk tidak melakukan kekerasan terhadap anak dan perempuan,” pungkasnya. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional