Menu

2020, BPS Gelar Sensus dengan Sistem Online

  Dibaca : 315 kali
2020, BPS Gelar Sensus dengan Sistem Online
BERI KETERANGAN— Kepala BPS Kota Padang, Joni Suryadi saat memberikan keterangan dihadapan wartawan di Balai Kota Padang. (ist)

PADANG, METRO – Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan sensus dengan sistem dalam jaringan (daring/online, red). Untuk itu, BPS Kota Padang akan menyiapkan dan melibatkan langsung petugas dari pengurus Rukun Tetangga (RT) untuk menyukseskan hal tersebut.

Kepala BPS Kota Padang, Joni Suryadi mengatakan, pelaksaan sensus secara daring ini diterapkan mulai 2020 nanti. Dilibatkannya pengurus RT ini, kata Joni, agar masyarakat di Kota Padang mau terlibat dalam mengisi pertanyaan yang nantinya akan dikirimkan ke setiap ponsel masyarakat. Nantinya, pengurus RT akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di lingkungannya.

“Bayangkan saja, sekarang kan ada 3434 RT yang ada di Kota Padang. Kalau satu RT saja bisa membawa 10 warganya mengisi 19 pertanyaan yang kita kirimkan berarti sudah 60 ribu lebih,” sebutnya di Balai Kota Padang di Aiapacah.

Joni menambahkan, sebelum menyosialisasikan kepada masyarakat, nantinya para petugas akan dibekali pengetahuan untuk memberikan pengarahan warganya dalam mengisi sensus secara daring tersebut. Rencananya para pengurus RT akan dikumpulkan pada awal tahun.

“Pelaksanaan sensus penduduk secara daring itu dilaksanakan pada Februari 2020. Di Januari akan kita bekali dulu RT dalam mengisi kuisioner,” ujarnya lagi.

Ia mengatakan, BPS Kota Padang menyatakan siap untuk dapat menyukseskan sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali ini. Sensus Penduduk 2020 ini bertujuan memotret data kependudukan Indonesia untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia. Sehingga ke depan tidak ada lagi kesimpangsiuran data yang dapat membingungkan pengambil kebijakan.

“Sensus Penduduk 2020 ini berbeda dari sensus tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada sensus kali ini akan menggunakan metode kombinasi yakni menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar . yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan Sensus Penduduk 2020,” ulas Joni.

Joni meminta warga Kota Padang untuk dapat bersama-sama menyukseskan sensus penduduk 2020 ini dengan ikut berpartisipasi memberikan data yang akurat kepada petugas pencacah nantinya.

“Ketika semua penduduk berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk. Insya Allah dapat membantu pembuat kebijakan dalam memutuslan kebijakan. Sebab, seluruh data secara detail telah didapatkan,” katanya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional