Close

2 Sekawan jadi Spesialis Kupak Kios Pasar di Kota Padang, Barang Hasil Curian Dibawa Pakai Betor

PENCURI— Dua pelaku R (37) dan HC (33) ditangkap jajaran Polresta Padang atas kasus pencurian barang dagangan dengan cara mengupak kios-kios di pasar.

PADANG, METRO–Dua orang kawanan maling spesialis “kupak kios” yang telah sejak lama meresahkan para pedagang di sejumlah pasar di Kota Padang akhirnya berhasil diringkus Tim Opsnal Sat­res­krim Polresta Padang di lokasi berbeda pada Sabtu (4/12).

“Kedua pelaku masing-masing berinisial R (37) dan HC (33). Awalnya mereka ditangkap karena membobol sebuah kedai sembako yang ada di Pasar Belimbing, Kelurahan Kuranji, setelah diringkus, keduanya ternyata juga merupakan pelaku pencurian yang telah beraksi disejumlah pasar di Kota Padang, “ ujar Kompol Rico Fernanda kepada Haluan (5/12).

Kedua pelaku, menurut hasil penyelidikan, dikatakan oleh Kompol Rico juga pernah beraksi di sebuah gudang ayam yang ada di kawasan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, dan juga di sebuah toko kelontong di Pasar Alai, Kecamatan Padang Utara,

Dalam aksi terakhir  yang dilakukan oleh kedua terduga pelaku, dikatakan oleh Kompol Rico, mereka berhasil menggasak 70 Rak telur beserta sebuah timbangan duduk yang ada di dalam kedai sembako tersebut.

“Ketika melancarkan aksinya, setelah berhasil membobol kedai targetnya, para pelaku kemudian mengangkut barang curiannya dengan menggunakan sebuah becak motor kepunyaan pelaku berinisial HC,” ucap Rico.

Kedua orang terduga pelaku, dikatakan oleh Kompol Rico berhasil diringkus di dua tempat yang berbeda, pada awalnya pelaku berinisial R, berhasil ditangkap di daerah Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo,

“Pelaku berinisial R yang juga resedivis kasus serupa diringkus di rumahnya di daerah Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, saat akan ditangkap pelaku sempat mencoba memberikan perlawanan sehingga harus dihadiahi timas panas,” ujar Rico.

Setelah berhasil diringkus, kepada aparat kepolisian, R juga mengakui bahwa dalam melancarkan aksinya ia tidak sendirian, melainkan dibantu oleh temannya berinisial HC.

“ Sedangkan terduga pelaku berinisial HC, berhasil kami ringkus di daerah DRP Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, di rumahnya juga berhasil kami amankan barang bukti berupa satu unit becak motor merek supra Fit tanpa plat nomor,” ucap Rico.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, saat ini kedua pelaku menurut Kompol Rico telah diamankan di Mapolresta Padang untuk proses penyelidikan lebih lanjut, kedua pelaku menurutnya terancam dijerat dengan pasal 363 tentang pencurian dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top