Menu

2 Rumah Semi Permanen Diamuk Si Jago Merah

  Dibaca : 161 kali
2 Rumah Semi Permanen Diamuk Si Jago Merah
PADAMKAN API— Petugas Damkar melakukan penyemprotan air untuk memadamkan api yang membakar dua rumah di Kelurahan Parit Rantang, Payakumbuh.

PAYAKUMBUH, METRO
Dua unit rumah semi permanen di Keluarahan Parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh mengalami kebakaran, Sabtu (17/10) sekitar pukul 12.00 WIB. Kontan saja, kobaran api yang dengan cepat membesar membuat warga yang rumahnya berdekatan dibuat panik.

Menggunakan alat seadanya, warga berupaya memadamkan api menjelang petugas Damkar tiba ke lokasi. Tetapi, angin yang bertiup kencang siang itu membuat api tidak bisa dikendalikan dan dengan cepat menyebar membakar bangunan dan isinya.

Tak lama berselang, tujuh unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung melakukan penyemprotan air. Petugas berupaya secepat mungkin memadamkan api agar tidak merambat ke bangunan rumah warga lainnya. Hampir satu jam, api pun berhasil dipadamkan, namun bangunan dan beserta isinya sudah jadi arang.

Informasi yang dihimpun, dua unit rumah yang terbakar merupakan milik Gusnifa (41). Satu unit ditempati oleh Gusnifa bersama keluarganya, sedangkan satu unit lagi dikontrakkan. Saat kebakaran terjadi, Gusnifa sedang berjualan pasar Kota Payakumbuh.

Tiba-tiba, Gusnifa mendapat kabar dari pengontrak telah terjadi kebakaran. Awalnya, api berasal dari rumah kontrakannya dan kemudian menjalar ke rumah yang ditempati Gusnifa. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, namun kerugian materi cukup besar.

Kasat Pol PP dan Damkar Payakumbuh, Devitra mengatakan, rumah yang mengalami kebakaran itu dihuni oleh dua KK dengan jumlah enam jiwa. Mereka terpaksa harus mengungsi kerumah sanak saudaranya, karena kebakaran itu meludeskan bangunan serta harta bendanya, sehingga hanya tinggal pakaian yang melekat di badan.

“Untuk memadamkan api, kita kerahkan tujuh unit armada, dengan rincian empat unit dari Kota Payakumbuh dan tiga unit dari Kabupaten Limapuluh Kota. Setelah berjibaku satu jam lebih, api pun bisa dipadamkan,” ungkap Devitra.

Kebakaran hebat siang hari akhir pekan itu mendapat perhatian serius Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz yang langsung datang ke lokasi didampingi Sekretaris Daerah, Rida Ananda, Kasat Pol PP dan Damkar, Devitra, Camat Payakumbuh Barat serta Lurah Parit Rantang serta sejumlah perangkat daerah.

“Pak Wakil Wali Kota bersama Sekda sudah datang ke lokasi. Dan memang ada bantuan yang diserahkan terutama yang dibutuhkan oleh korban dan yang tinggal di rumah. Kemudian Dinas Sosial juga sudah menyerahkan bantuan berupa tikar dan alat-alat kebutuhan lainnya,” sebut Devitra. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional