Menu

2 Rumah Membara, 5 Orang Terbakar, Ibu Selamatkan Balita dari Kobaran Api

  Dibaca : 164 kali
2 Rumah Membara, 5 Orang Terbakar, Ibu Selamatkan Balita dari Kobaran Api
KEBAKARAN—Dua rumah di Jorong Koto Kociak, Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota terbakar Selasa (11/6) malam. Lima penghuni terkena luka bakar dan harus dirawat di rumah sakit. ()ramadalius/posmetro )

LIMAPULUH KOTA, METRO – Masyarakat Jorong Koto Kociak, Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dikejutkan dengan kobaran api yang melalap rumah semi permanen milik Erianto (55) dan warung milik Emi (60), Selasa (11/6) sekitar pukul 21.00 WIB.

Akibat kejadian itu lima orang anggota keluarga ikut terkena kobaran api malam nahas itu. Mereka adalah Sari Marlina Fitri (31), M Fauzi (3), Giska May Fadila (13), ketiganya mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya. Sedangkan Nurbaya (80) dan Niko Adi Putra (19) mengalami luka bakar ringan.

Setelah mendapatkan perawatan medis di RSUD Adnan WD Payakumbuh, akibat luka bakar di bagian tubuhnya, M Fauzi harus dirujuk ke RSUP M Djamil Padang, untuk mendapatkan penanganan lebih intens. Mengingat hampir di sekujur tubuhnya terkena luka bakar sambaran api tengah malam itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Limapuluh Kota, Aflian, menyampaikan, akibat kobaran api yang begitu cepat melalap rumah semi permanen itu membuat lima orang anggota kelurga ikut menjadi korban sambaran api dan harus dirawat di RSUD Adnan WD Payakumbuh.

“Api dengan cepat berkobar, sehingga kita dengan beberapa unit Damkar ditambah Damkar Kota Payakumbuh, api baru bisa dijinakkan. Namun ada 5 orang anggota keluarga ikut menjadi korban kebakaran dan harus mendapatkan perawatan medis di RSUD Adnan WD,” sebut Alfian.

Informasi yang diperoleh dari Kapolsek Payakumbuh melalui Bhabinkamtibmas, Aipda Erismon, api selain menghanguskan dua unit bangunan juga membuat lima orang penghuni rumah mengalami luka bakar.

“Saat ini kelima korban tengah menjalani perawatan medis di RSUD Adnan WD Payakumbuh,” terang Erismon.

Katanya, kronologis kebakaran berawal dari rumah korban Sari Marlina Fitri pada Selasa sekira pukul 20.00 WIB, yang sedang memasak di dapur menggunakan tungku kayu bakar.

“Sekira pukul 20.30 WIB terlihat api telah menjalar ke diding dan atap dapur. Kemudian membakar seluruh bagian rumah dan warung yang berada disebelah rumah yang terbakar,” ungkap Erismon.

Melihat kondisi api yang semakin membesar, masyarakat berupaya memberikan bantuan serta menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Limapuluh Kota dan pihak kepolisian.

“Api berhasil dipadamkan setelah mendapat bantuan 4 unit Damkar dari Pemkab Limapuluh Kota dan Damkar Kota Payakumbuh dibantu masyarakat dan personel Polsek Payakumbuh serta Polres Payakumbuh,” ulas Erismon. Sejauh ini kerugian materi yang dialami korban atas musibah kebakaran Rp250 juta.

Ibu Selamatkan Anak

Saat api sudah membesar melalap rumah dan warung yang juga menjual bensin dan gas malam nahas itu, M Fauzi (3) masih berada dalam rumah tengah terlelap. Ketika itu orang tua Fauzi, Sari Marlina Fitri sudah berada di luar rumah menyelamatkan diri.

Namun, seketika Sari teringat anaknya yang masih terlelap dalam rumah yang tengah di lalap kobaran api besar. Tanpa pikir panjang Sari berlari menerobos kobaran api yang terus membesar untuk menyelamatkan anak tersayangnya M.Fauzi.

Meski terkena sambaran kobaran api yang membesar, nyawa M Fauzi berhasil diselamatkan. Namun, memang sekujur tubuh M.Fauzi dan Sari ikut melepuh dilalap si jago merah yang mengamuk malam itu

“Memang Sari kembali masuk dalam rumah karena Fauzi masih ada di dalam. Saat menyelamatkan anaknya itu keduanya ibu dan anak terkena sambaran kobaran api yang terus membesar,” sebut Camat Payakumbuh, Limapuluh Kota, Syaiful.

Dia menyebut, dari Lima orang korban kebakaran malam itu, M Fauzi harus dirujuk ke RSUP M Djmail Padang untuk penanganan lebih intens akibat luka bakar serius di sekujur tubuhnya.

“Memang setelah mendapatkan perawatan di RSUD Adnan WD, M Fauzi harus dirujuk ke Padang,” sebut Camat. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional