Close

2 Rumah Kawasan Padat Penduduk di Kota Padang Ludes Terbakar

KEBAKARAN— Petugas Damkar melakukan penyemprotan air untuk memadamkan api yang membakar dua rumah di Jalan Ujung Delima, Kuranji.

PADANG, METRO–Dua unit rumah yang berada di kawasan padat penduduk Jalan Ujung Delima 1, RT 08 RW 09, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang ludes terbakar, Selasa (15/02) sekitar pukul 15.10 WIB. Be­run­tung, dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Namun, saat kebakaran terjadi, warga setempat dibuat panik karena rumah di kawasan itu saling berdekatan. Bahkan, warga yang rumahnya berada di sekitar kebakaran, sempat berusaha menyelamatkan barang-barang mereka dari dalam rumah karena khawatir rumahnya ikut terbakar.

Sedangkan beberapa warga lainnya, bahu membahu memadamkan api dengan alat seadanya sembari menunggu petuas Damkar datang.  Tak lama berselang, petugas Dam­kar datang bersama armada pemadam dan langsung melakukan penyemprotan air untuk memadamkan api.

Hampir satu jam berjibaku, kebakaran itupun berhasil dipadamkan. Hanya saja, petugas Damkar tak sempat menyelamatkan barang-barang berharga milik korban. Diperkirakan, pemilik rumah mengalami kerugian materil hingga ratusan juta rupiah.

Kepala bidang operasi (Kabid Ops) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Sutan Hendra mengatakan, berdasarkan keterangan saksi Zafril (46) melihat api sudah membakar rumah salah satu warga, sekitar pukul 15.10 WIB.

“Selanjutnya saksi melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pa­dang untuk meminta bantuan. Tidak lama kemudian, pihaknya sampai di Tempat Kejadian Perkara (TKP), dengan menerjunkan sebanyak enam armada dengan puluhan personel untuk membantu memadamkan api,” ujar Sutan Hendra.

Sutan Hendra mengatakan, rumah yang berada di pemukiman penduduk itu diketahui milik Arigi (22) dan Ratna (35) seorang ibu rumah tangga (IRT). Alhasil, api berhasil dipadamkan hingga pendingin kurang satu jam setelahnya.

“Kami belum bisa menyimpulkan secara pasti penyebab dari kebakaran dua unit rumah permanen itu. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa kebakaran tersebut. Sumber api dan penyebab kebakaran kami serahkan kepada pihak penyidik yaitu kepolisian untuk menyelidiki lebih lanjut,” ujarnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top