Close

2 Polisi Akan Dihadirkan Paksa di Sidang Hendra Kurniawan

JAKARTA, METRO–Jaksa Penuntut Umum (JPU) bakal menghadirkan paksa dua polisi untuk bersaksi di persidangan perkara obstruction of justice kematian Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Kedua anggota Polri itu ialah Radite Hernawa dan Agus.

Namun tidak dijelaskan pangkat dan jabatan mereka. Sedianya, dua polisi yang bertugas di Divpropam Polri itu bersaksi untuk terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria pada persidangan hari ini, Kamis (24/11).

Menurut JPU, Agus sudah tiga kali dipanggil untuk bersaksi tetapi tidak pernah hadir di persidangan. “Saksi kami akan panggil secara paksa, karena telah hubungi atasan langsung, direktur penyidikan Mabes Polri,” kata JPU di persidangan.

Tim penasihat hukum Hendra dan Agus, Henry Yosodiningrat juga memohon hal serupa kepada hakim, agar kedua saksi polisi tersebut dipanggil paksa. “Kalau sudah dipanggil secara patut, sudah yang kedua kali, kalau saya tidak salah, saya minta supaya panggilan paksa,” ujar Henry.

Menurut Henry, kedua saksi itu sangat penting untuk memberikan kesaksian di persidangan perkaa obstruction of justice. Baca Juga: Saran untuk Kapolri soal Cara Menggarap Komjen Terseret Ismail Bolong “Kami sudah baca BAP-nya, saksi ini dikatakan saksi faktual, bukan dia tidak mengetahui apa-apa,” ucap Henry.

 Menanggapi permohonan Henry, Ketua Majelis Hakim Ahmad Suhel menyatakan bahwa permintaan dipanggil paksa itu sudah disanggupi jaksa. Oleh karena itu, Hakim menyatakan sidang ditunda pada Kamis (1/12) mendatang. “Untuk itu sidang akan ditetapkan kembali pada Kamis, 1 Desember 2022,” tutur Hakim Suhel. (cr3/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top