Menu

2 Napi di Lembaga Permayarakatan (Lapas) kelas II A Muaro Padang Kendalikan Peredaran Narkoba dari Penjara, Terungkap Usai Kurir Ditangkap Bawa 2 Karung Ganja

  Dibaca : 267 kali
2 Napi di Lembaga Permayarakatan (Lapas) kelas II A Muaro Padang Kendalikan Peredaran Narkoba dari Penjara, Terungkap Usai Kurir Ditangkap Bawa 2 Karung Ganja
dua karung ganja — Pria asal Bukittinggi berinisial AS (20) ditangkap Tim Satresnarkoba Polresta Padang menyelundupkan dua karung ganja kering.

PADANG, METRO–Dua narapidana yang menjalani hukuman di Lembaga Permayarakatan (Lapas) kelas II A Muaro Padang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polresta Padang lantaran terlibat dalam pengen­dalian pengiriman ganja dalam jumlah banyak yang diselundupkan dari Pa­nya­bungan, Kabupaten Man­dailing Natal, Provinsi Su­matra Utara (Sumut).

Kedua narapidana ber­inisial Firdaus, (39) Warga Bukittinggi dan Adi (41) Kuranji, Kota Padang ini ditangkap setelah  me­ngem­bambangkan kasus kurir ganja berinisial AS (20) warga Bukittinggi, yang sudah terlebih dahulu dia­mankan pada Sabtu (28/8) dengan barang bukti 28 paket besar ganja kering.

Namun, dari hasil pe­meriksaan AS, terungkap kalau ia diperintah oleh pelaku AI (26) yang ditang­kap di kediamannya Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Manggis Ganting, Kecama­tan Mandiangin Koto Sela­yar, Kota Bukittinggi pada Selasa (7/9) yang lalu. Dari hasil interogasi, AI pun mengakui kalau ia juga diperintah oleh dua napi tersebut.

Kasatresnarkoba Pol­resta Padang AKP Dedy Adriansyah Putra menga­takan, dua napi kasus pe­nyalahgunaan narkotika itu dijemput ke Lapas pada Jumat sore (10/9), untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Kedua napi inilah yang berperan mengen­dalikan peredaran ganja tersebut.

“Sebelum kedua Napi itu diamankan, kita terlebih dahulu diamankan seo­rang berinisial AI yang memerintahkan AS me­ngantarkan ganja ke Kota Padang Panjang dan Kota Padang,” ungkap AKP De­dy, Senin (13/9).

Dikatakan AKP Dedy, pelaku AI  kemudian diba­wa ke Polresta Padang untuk menjalani pemerik­saan. Kepada penyidik, AI pun mengaku kalau ganja tersebut milik Firdaus dan Adi yang berada di Lapas Klas II A Muara Padang. Setelah itu, Polresta Pa­dang kerja sama dengan Kemenkum HAM Provinsi Sumbar dan Lapas Klas II A Muara Padang.

“Keduanya kita jemput dan kita bawa ke Polresta Padang, dari hasil kete­rangan keduanya memang benar narkoba jenis ganja kering sebanyak 28 Paket miliknya yang dipesan dari daerah Panyambungan, Sumatera Utara dan disim­pan di Bukittinggi sebelum diedarkan oleh AS. Jadi total pelaku yang sudah kita tangkap sebanyak empat orang,”imbuhnya.

Terpisah, Kalapas Klas IIA Muaro Padang, Era Wiharto mengatakan, dua warga binaan Lapas Pa­dang yang diduga terlibat dalam kasus peredaran narkotika di luar Lapas, berdasarkan hasil pengem­bangan dari Satnarkoba Polresta Padang merupa­kan narapidana kasus nar­kotika.

“Firdaus asal Bukit­ting­gi merupakan warga bi­naan pindahan dari Lapas Bukittinggi yang menjalani hukuman 6 tahun penjara denda Rp 1 M subsider 4 bulan, mulai menjalani pidana sejak 18 November 2019 sedangkan di Lapas Padang sendiri sejak bulan September tahun 2020,” ujar Era.

Era menuturkan, se­dang­kan warga binaan atas nama Adi asal Kuranji, Kota Padang menjalani huku­man 10 tahun penjara, den­da Rp 1 M subsider 6 bulan dan telah menjalani pidana sejak tanggal 6 Februari 2017. Kedua war­ga binaan tersebut dijem­put secara terpisah oleh kasatnarkoba Polresta Pa­dang pada hari Jum’at (10/9) untuk dimintai keterangan.

“Terkait hasil dari peme­riksaan tersebut, pihak Lapas belum menerima informasi baik secara lisan maupun secara tertulis, dan status mereka seka­rang ini masih sebagai warga binaan La­pas, bukan sebagai taha­nan kepoli­sian.  Apakah proses selan­jutnya bagi kedua warga binaan terse­but akan me­ngi­kuti proses peradilan atau tidak, kami belum mengetahui sejauh mana. Kami sudah lakukan lang­kah antisipasi berupa tin­da­kan isolasi semen­tara,” tuturnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional