Close

2 Kali Gagal Panen, Petani di Kamang Magek Basmi Hama Tikus

HAMA TIKUS— Hama tikus yang dibasmi oleh petani di Jorong Pulai, Nagari Kamang Magek, Kecamatan Kamang Magek, Minngu (23/10).

AGAM, METRO–Petani di Jorong Pulai Nagari Magek Kecamatan Kamang Magek, bergotong-royong mem­basmi hama tikus di areal persawahan, Minggu (23/10).

Dari keterangan Wali Jo­rong Pulai Ilham Putra, kegiatan pembasmian hama tersebut merupakan pelaksanaan agenda sidang dari jorong yang ada di Nagari Magek.

“Sidang kali ini kita di Jo­rong Pulai yang melaksanakan kegiatan di empat jorong bersama dengan perwakilan petani di empat jorong,” ujarnya.

Ilham menjelaskan, pembasmian hama dilakukan berdasarkan laporan masyarakat petani karena hama tikus sudah meresahkan dan membuat sejumlah petani gagal panen. “Ini sudah berlangsung hampir 2 kali musim panen,” katanya.

Ia menyebutkan, material yang digunakan untuk membasmi tikus adalah menyemprotkan asap pada lubang atau sarang tikus yang banyak terdapat di area persawahan.

Menurutnya, dengan cara ini, dinilai sangat efisien dan efektif, karena dapat membunuh tikus hingga ke sarangnya. Selain itu, penggunaan asap ini juga lebih ramah lingkungan, sehingga sering kali digunakan petani dalam membasmi hama tikus setiap memasuki musim tanam padi.

Ia berharap, dengan adanya gotong royong hama tikus di area persawahan ini, nantinya panen petani lebih banyak, sehingga perekonomian petani semakin membaik.

“Insya Allah, minggu de­pan kita akan jadwalkan lagi kegiatan pembasmian hama ti­kus ini,”tutup wali jorong. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top