Close

2 Bandit Sepesialis Curi Motor Disikat di Padang­panjang, Penadah Ikut Terseret

INTEROGASI— Kapolres  Padangpanjang  AKBP Novianto Taryono, didampingi Kasat Reskrim AKP Syaiful Zubir,  menginterogasi tersangka curanmor.

PDG.PANJANG, METRO–Dua bandit spesiaslis pencuri sepeda motor dan seorang pena­dah barang hasil curian Jajaran Sat Reskrim Polres Padang­panjang ditangkap di Jorong Bayiang,  Nagari Malalo, Batipuah Selatan, Kabu­paten Tanahdatar, Rabu (22/9) sekitar pukul 08.00 WIB.

Ketiga pelaku diketahui berinisial RF (35), RH (19) sebagai pelaku utama cu­ranmor, sedangkan AW (44) merupakan penadah. Selain menangkap ketiga pelaku, pryugas juga me­nyita tiga unit sepeda motor yang merupakan hasil curian di beberapa tempat di wilayah hukum Polres Padangpanjang.

Kapolres Padang­pan­jang, AKBP Novianto Ta­ryono mengatakan, pe­nang­kapan bandit curan­mor ini setelah Tim Satres­krim menyelidiki sejumlah laporan yang masuk ter­kait aksi pencurian sepeda motor di tiga lokasi ber­beda.

“TKP pertama di Masjid Darussalam, Nagari Koto Baru, X Koto, Tanah Datar. TKP kedua di lokasi Masjid Nurul Amri, Guguak Malin­tang, Padangpanjang Ti­mur dan TKP ketiga di Jalan H Agus Salim, Guguak Ma­lin­tang, Padangpanjang Ti­mur,” ungkap AKBP No­vianto.

Dijelaskan AKBP No­vian­to, barang bukti dari penangkapan ketiga ter­sangka yaitu satu unit sepe­da motor Vixion B 3916 TUR disita dari  tersangka RF. Sementara itu dua unit sepeda motor Beat warna putih 5378 NR dan sepeda motor Scoopy warna hi­tam  BA 3255 NP disita dari penadah AW.

Terhadap dua ter­sang­ka pencurian atas nama RF dan RH meme­nuhi unsur Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pen­jara paling lama 9 tahun dan terhadap tersangka penadah “AW” memenuhi unsur Pasal 480 KUHP de­ngan ancaman hukuman paling lama 4 (empat) ta­hun.

“Kasus ini segera dipro­ses lebih lanjut oleh pe­nyidik.  Untuk mengem­bang­­kan kasus ini, kita akan memanggil sejumlah saksi untuk dimintai kete­rangan,” tegas AKBP No­vianto.

Ketika ditanyakan, apa­kah tersangka memiliki ja­ringan? Novianto pun be­lum bisa memastikannya, lantaran saat ini penyidik masih terus melakukan pengembangan. Namun, ia menduga kalau pelaku su­dah melakukan aksinya di banyak lokasi berbeda.

“Saya sudah instruk­sikan penyidik untuk men­dalami kasus ini. Melihat dari sejumlah kasus yang terjadi,  pelaku mengincar kendaraan di lokasi parkir. Saya imbau pengendara untuk terus waspada dan memastikan motor yang di parkir dalam kondisi aman dan terkunci,” ujar Novian­to. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top