Close

2.985 Atlet dari 408 Perguruan Tinggi Hadiri POMNAS di Padang

SELAMAT DATANG— Sekda Andree Algamar menghadiri POMNAS ke-17 Tahun 2022 di Auditorium UNP, yang dibukan oleh Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Sekda mengucapkan selamat datang dan bertanding kepada mahasiswa seluruh se-Indonesia.

HAMKA, METRO–Mewakili Wali Kota Padang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar ikut menghadiri kegiatan pembu­kaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-17 Tahun 2022. Event olahraga antara mahasiswa se-Indonesia yang berlangsung selama 17 sampai 26 November itu, dibuka secara resmi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (17/11) pagi.

Atas nama Pemerintah Kota Padang, Sekda Andree mengucapkan selamat datang bagi para kontingen POMNAS dari seluruh provinsi se-Indonesia itu. “Selamat datang di Kota Padang. Selamat bertanding, semoga adik-adik mahasiswa kontingen POMNAS memiliki kesan yang baik selama di Pa­dang,” ucap Sekda saat ditemui wartawan di sela kegiatan.

Selanjutnya Sekda Kota Padang juga menyambut baik atas digelarnya POMNAS ke-17 yang dituanrumahi Provinsi Sumbar. “Event ini sangat berdampak positif, terutama terhadap peningkatan jumlah kunjungan yang bermuara pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang. Kita tentu berharap, event-event seperti ini yang mengundang tamu dari luar ke Kota Padang terus dilakukan,” harap Andree.

Sementara itu di dalam sambutan dan arahannya, Mendikburistek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan ajang POMNAS sangat penting dilakukan untuk memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa di bidang olahraga. Kegiatan ini diharapkan menghadirkan generasi muda yang kompetitif, serta berjiwa kolaboratif dan kreatif da­lam berkarya dan berprestasi untuk kemajuan olahraga bangsa.

“Kita berharap mahasiswa di seluruh Indonesia terus mengembangkan ba­kat dan minatnya, termasuk di bidang olahraga. Melalui ajang POMNAS ini kita mewujudkannya,” ujar­nya di depan ratusan peserta dan pendamping kontingen POMNAS tersebut.

“Selamat bertanding kepada seluruh atlet peserta POMNAS. Saya sangat mengapresiasi Rektor UNP beserta seluruh jajaran dan perguruan tinggi lainnya yang berkolaborasi dengan Dispora Sumbar menghelat POMNAS ke-17 tahun 2022 ini. Semoga berjalan lancar sesuai harapan,” harap pria yang akrab disapa mas Menteri itu.

Seperti diketahui, tema POMNAS tahun ini adalah Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas dengan moto Hebat, Bersahabat, Terhormat. Peserta POMNAS ke-17 adalah utusan dari 34 Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) seluruh Indonesia. POMNAS tahun ini melibatkan 2.985 atlet dari 408 perguruan tinggi yang akan bertanding.

Ajang ini mempertan­dingkan 14 cabang olahraga (cabor) Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang dan Sepak Takraw. Kesembilan cabor ini digelar di Kampus UNP. Sementara cabor Tae Kwon Do dan Karate dila­kukan di Kampus Akademi Teknologi Industri Padang dan untuk cabor Bulu Tangkis dan Panjat tebing pelaksana­annya di Kampus Universitas Andalas (Unand).

Dalam kegiatan pem­bukaan POMNAS ke-17 ta­hun 2022 tersebut hadir Rektor UNP Ganefri, Gu­bernur Sumbar Mahyeldi serta Kepala Dispora Sum­bar Dedy Diantolani serta unsur terkait lainnya. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top