Menu

2.940 Murid TK Ikuti Tarian Massal

  Dibaca : 457 kali
2.940 Murid TK Ikuti Tarian Massal
TARIAN— Murid TK terlibat tarian massal dalam meramaikan acara PAUD.

Sebanyak 2.940 siswa TK se Kota Bukittinggi mengikuti Tarian Massal di Lapangan Wirabraja Bukittinggi, Selasa (12/02) yang dibuka Bunda PAUD Kota Bukittinggi Yessi Ramlan Nurmatias. Ketua Panitia Doni Idris mengatakan, tari massal merupakan rutinitas kegiatan IGTK Bukittinggi setiap tiap tahun. Tahun sebelumnya pelaksanaan kegiatan berupa Senam Massal dan tahun ini berupa tari massal.

Tujuan utama tari massal menurut Doni adalah sebagai ajang memperkenalkan Seni Budaya Alam Minangkabau kepada siswa sejak usia dini. Di samping itu dapat membantu perkembangan motorik siswa.

“Bagi guru bertujuan melatih kemampuan guru dalam memperkenalkan kebudayaan kepada anak usia dini melalui nilai-nilai karakter yang ada dalam tarian tersebut dan berguna untuk pembelajaran guru. Tari Massal tahun ini memakai tema “Back to Culture, Budaya untuk membangun kebersamaan dan membangun kreatifitas,” kata Doni.

Bunda PAUD Kota Bukittinggi Yessi Ramlan mengatakan, tari massal merupakan kegiatan yang sangat positif dan sangat bermanfaat. Dalam rangka memupuk jiwa seni anak-anaknya.

“Disamping itu dapat meningkatkan kesehatan tubuh, sebagai sarana komunikasi, meningkatkan keseimbangan dan konsentrasi tubuh, memberikan keterampilan khusus dan sebagai sarana bersosialisasi dengan orang lain,” ucap Yessi.

Menurut Yessi, Pendidikan Anak Usia Dini memegang peranan strategis dalam menyiapkan anak untuk mengikuti pendidikan selanjutnya. Pada usia dini potensi anak mulai dibentuk, baik kecerdasan, emosional, spiritual, sikap, ketangguhan fisik dan lainnya. Hampir seluruh potensi kecerdasan dan kecakapan anak terbentuk pada periode ini.

“Pada usia dini mereka belajar melalui bermain karena dunianya memang bermain. Lewat bermain, anak belajar tentang dirinya, teman-temanya, benda-benda dan orang dewasa yang ada disekitarnya,” ujar Yessi.(cr8)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional