Menu

2.455 Sampel Spesimen Covid-19 Telah Diperiksa

  Dibaca : 102 kali
2.455 Sampel Spesimen Covid-19 Telah Diperiksa
TES SWAB—Tes swab dilakukan terhadap personel Polres Solsel.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) terus berupaya melakukan berbagai antisipasi-antisipasi terhadap pencegahan Covid-19 di daerah tersebut. Termasuk pengambilan sampel di beberapa instansi vertikal untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium Universitas Andalas Padang (Unand) “Kemaren telah kita ambil 21 sampel untuk dikirim ke Padang. Total sampel yang telah kita kirim sebelumnya adalah sebanyak 2455 sampel. Dari total tersebut, terdapat 9 orang positif, dimana semuanya sudah dinyatakan sembuh,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Solsel Novirman, Rabu (26/8).

Menurutnya, 2.455 sampel tersebut jika dipersentasekan dari jumlah penduduk 182 ribu adalah sekitar 1,34 persen Namun pihaknya tetap berupaya untuk terus melakukan pengambilan sampel kepada masyarakat dan pihak lainnya. ”Hari ini, sesuai dengan permintaan dari Bapak Kapolres Solsel, kita juga akan akan lakukan pengambilan sampel jajaran polres dan tahanan yang diperkirakan mencapai 263 sampel,” ujar Novirman.

Untuk pengambilan sampel swab massal di Polres Solsel tersebut, diperkirakan selesai dalam satu hari. “Untuk mempermudah dan mempercepat pelaksanaan pengambilan swab terhadap 263 personel, pegawai dan tahanan dibagi dalam 4 tim tugas Dinas Kesehatan,” kata Novirman. Dan bagi personel Polres Solsel yang tengah piket dan yang belum bisa untuk melakukan pengambilan sampel swab, bisa melakukan pengambilan sampel susulan yang nanti akan dikomunikasi bersama serveyline di lapangan.

Jajaran Dinkes, tetap bekerja di lapangan guna mengantisipasi Covid ini. Jajarannya juga telah diintruksikan untuk tetap mematuhi standar protokol kesehatan dalam penanganan pasien ke berbagai fasilitas kesehatan yang ada. “Apalagi saat ini kasus Covid ini terus merebak di berbagai tempat, sehingga perlu kewaspadaan tinggi para tenaga kesehatan kita,” kata Novirman.

Berdasarkan data pada Dinkes, total kasus suspek yang telah selesai sebanyak 205 kasus, dimana 9 diantaranya positif Covid-19 dan semuanya sudah dinyatakan sembuh. Data juga menunjukkan telah selesai notifikasi sebanyak 4.957 orang, selesai Orang Dalam Pemantauan 163 orang, dan Pasien dalam pengawasan sebanyak 38 orang.

Kapolres Solsel, AKBP Tedy Purnanto menggunakan, dalam upaya mencegah, mengetahui dan  mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Solsel, Sebanyak 263 personel, pegawai dan tahanan dilakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel Swab, di Mapolres Solsel di Golden Arm. “Hari ini kita lakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel swab terhadap seluruh personel, pegawai Polres Solsel dan tahanan serta personel di masing-masing Polsek. Hal ini guna memutus meta rantai penyebaran Covid-19,” kata Tedy. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional