Menu

181 Warga Kota Menerima Zakat dari Baznas

  Dibaca : 104 kali
181 Warga Kota Menerima Zakat dari Baznas
TERIMA ZAKAT— Sebanyak 181 warga tergolong mustahiq di Kecamatan ABTB Bukittinggi menerima zakat yang didistribusikan Baznas Bukittinggi. (ulfa/posmetro)

BUKITTINGGI, METRO – Sebanyak 181 warga yang tergolong mustahiq di Kecamatan ABTB Kota Bukittinggi menerima zakat yang didistribusikan langsung Baznas Bukittinggi. Penyerahan zakat dilakukan secara simbolis Walikota diwakili Asisten I Setdako, bersama pengurus Baznas dan juga perwakilan Kemenag Bukittinggi, Selasa (14/5).

Ketua Baznas Bukittinggi A Rahman Ritonga menjelaskan, untuk tahun 2019 ini, Baznas Bukittinggi kembali mendistribusikan zakat untuk para mustahiq di Kota Bukittinggi. Untuk kesempatan ini diserahkan zakat kepada para mustahiq di kecamatan ABTB, sebanyak 181 orang.

“Pada Kelurahan Sapiran terdapat 12 orang, Kelurahan Aur Kuning 30 orang, Kelurahan Birugo 40 orang, Kelurahan Parit Antang 18 orang, Kelurahan Ladang Cakiah 30 orang, Kelurahan Kubu Tanjuang 20 orang, Kelurahan Pakan Labuah 24 orang dan Kelurahan Belakang Balok 7 orang,” ujarnya.

Rahman mengatakan, total zakat yang diserahkan di Kecamatan ABTB 2019 ini sebesar Rp 74.200.000. Di mana satu orang mustahiq menerima zakat sebesar Rp 400.000.

Kasi Bimas Kemenag Bukittinggi, Gazali menyampaikan, setiap tahun Baznas telah menyalurkan zakat dari para muzakki untuk para mustahiq. Perjuangan Baznas memang cukup berat dalam mengumpulkan zakat ini.

“Namun, Alhamdulillah setiap tahunnya telah terkumpul dana zakat dan dapat diserahkan kepada mustahiq. Kami berharap, jangan dinilai dari nominalnya, namun bagaimana niat tulus ikhlas dari para muzakki dan upaya dari Baznas. Kita doakan para muzakki dapat bertambah rezekinya, pengurus Baznas mendapat berkah dan para mustahiq dapat meningkat ekonominya sehingga kedepan dapat menjadi muzakki,” ujarnya.

Asisten I Setdako Bukittinggi, Noverdi menyambut, baik penyerahan zakat dari Baznas Bukittinggi yang menjadi mitra kerja Pemko Bukittinggi dibidang sosial ekonomi keagamaan. Zakat yang diserahkan ini, merupakan dana zakat dari para PNS dan sejumlah warga yang memiliki rezeki lebih dan tergolong muzakki.

“Kami berharap, para mustahiq yang menerima zakat hari ini dapat memanfaatkan dana yang diberikan untuk hal-hal yang dibutuhkan. Jangan sampai digunakan untuk sesuatu yang tidak perlu. Kepada Baznas kami ucapkan terima kasih atas upaya dalam pengumpulan zakat dan terima kasih juga kepada muzakki yang telah menyalurkan zakatnya kepada Baznas Bukittinggi,” kata Noverdi.

Setelah di Kecamatan ABTB ini Baznas juga akan menyerahkan zakat kepada mustahiq di Kecamatan MKS dan juga Kecamatan Guguak Panjang. Selain itu, penyerahan zakat juga akan diberikan kepada mustahiq lain yang tentunya dilaksanakan secara bertahap selama Ramadhan 1440 H ini. (u)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional