Menu

18 April, Pesantren Ramadhan Digelar Tatap Muka

  Dibaca : 106 kali
18 April, Pesantren Ramadhan Digelar Tatap Muka
Ilustrasi-Pesantren Ramadhan

AIAPACAH, METRO
Pemerintah Kota (Pemko) Padang memastikan kembali menggelar Pesantren Ramadhan secara tatap muka tahun ini. Hal itu sesuai Instruksi Wali Kota Padang Nomor: 451.084/Kesra-2021 tentang Pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1442 Hijriah bagi Peserta Didik SD/MI dan SMP/MTs.

“Pesantren Ramadhan dilaksanakan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19. Kita ingin menyemarakkan dan mengisi kegiatan di bulan Ramadhan bagi bagi peserta didik SD/MI dan SMP/MTs negeri dan swasta di Kota Padang,” kata Plt Wako Hendri Septa, Kamis (25/3).

Dalam instruksi wako itu disebutkan, kepada peserta didik SD/MI dan SMP/MTs diwajibkan untuk mengikuti Pesantren Ramadhan di masjid/mushalla dimana peserta didik berdomisili. Pesantren mulai dilaksanakan 18 April sampai 6 Mei.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Bagian Kesra sudah mengatur jadwal kegiatan. Dimana bagi SMP/MTs dari pukul 04.30 Wib sampai pukul 09.30 Wib. Sedangkan untuk SD/MI dari pukul 09.45 Wib sampai pukul 13.00 Wib.

Selanjutnya, bagi masjid/mushalla yang melebihi kuota daya tampung jumlah peserta didik, setelah diatur jarak 1,5 meter sesuai dengan kapasitas masjid/mushalla tersebut, peserta didik pesantren Ramadhan dapat mendaftar pada masjid/mushalla lain.

Kemudian, bagi masjid/ mushalla yang jumlah santrinya telah sesuai dengan protokoler kesehatan dapat melaksanakan pesantren ramadhan secara penuh 17 hari, dan masjid/ mushalla yang peserta melebihi kuota dapat melaksanakan proses belajar secara daring/ luring.

“Bagi peserta didik SD/MI dan SMP/MTs yang tidak mengikuti Pesantren Ramadhan tanpa alasan yang jelas, maka pihak sekolah yang bersangkutan akan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku dan hal-hal yang bersifat teknis akan diatur oleh Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama,” tegas wako dalam surat instruksinya tersebut.

Wako juga meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang diharapkan mengeluarkan Surat Perintah Tugas dan panduan teknis pelaksanaan tugas kepada guru-guru yang berada dibawah jajarannya, agar berperan aktif dalam kegiatan Pesantren Ramadhan dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

Selain itu, pelaksanaan Pesantren Ramadhan dimonitor dan dievaluasi oleh Tim Monitoring secara berjenjang, dimulai dari tingkat kelurahan, tingkat kecamatan dan tingkat Kota Padang dengan melaporkan hasil evaluasinya kepada Wali Kota Padang pada akhir kegiatan. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional