Close

176 Rumah Warga Kurang Mampu Dapat Sambungan Listrik Gratis di Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepu­lauan Mentawai

Peresmian Penyalaan Listrik Gratis untuk 176 rumah warga kurang mampu di Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Senin (30/08).

WAHIDIN, METRO–PLN Unit Induk Wila­yah (UIW) Sumbar melalui program PLN Peduli me­lakukan Peresmian Pe­nya­laan Listrik Gratis untuk 176 rumah warga kurang mam­pu di Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepu­lauan Mentawai pada Se­nin (30/08) melalui me­dia virtual video conference.

Kegiatan Peresmian ini dihadiri oleh General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo beserta seluruh jajaran manaje­men, Bupati Kep. Mentawai Judas Sabaggalet, Ketua DPRD Kep. Mentawai Yo­sep Sarogok, Kapolsek Si­berut Selatan, Camat Sibe­rut Selatan, Kepala Desa Muara Siberut Andria Budi Agung, Kepala Desa Mai­leppet Alex, Kepala Desa Muntei Paulus, serta per­wakilan masyarakat yang menerima bantuan listrik di Kec. Siberut Selatan.

Bantuan sambungan listrik gratis dengan total nilai bantuan senilai Rp. 225 Juta tersebut merupakan salah satu program Tang­gung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN yang hadir dalam bentuk bantuan pemasangan in­sta­lasi listrik, SLO, biaya  penyambungan pasang baru listrik daya 450 VA, dan pembelian token per­dana. 

General Manager PLN UIW Sumbar, Toni Wahyu Wibowo mengungkapkan bantuan ini merupakan wujud kepedulian PLN ter­hadap kehidupan warga kurang mampu khususnya yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal), kehadiran lis­trik dapat menerangi akti­vitas sehari-hari ma­sya­rakat, meningkatkan kua­litas belajar anak, serta meningkatkan pertum­bu­han ekonomi di Kecamatan Siberut Selatan.

“PLN menyadari bahwa listrik saat ini menjadi kebu­tuhan pokok bagi masya­rakat. Oleh karena ini kami terus berupaya mening­katkan kualitas hidup ma­sya­rakat melalui bantuan TJSL listrik gratis bagi 176 rumah tangga kurang mam­pu di Siberut Selatan. Mudah-mudahan keha­di­ran listrik tidak hanya men­jadi penerang, namun mam­pu menghidupkan pe­re­konomian dan meno­pang aktivitas warga se­tempat,”ungkapnya

Sampai dengan Juli 20­21, total aset distribusi PLN di Kepulauan Mentawai berupa Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 258,017 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 236,95 kms, dengan 142 unit gardu dis­tri­busi tersebar. Pem­bang­kit di Kepulauan Mentawai sendiri memiliki kapasitas 8,75 MW dengan beban puncak tertinggi 3,91 MW. Artinya masih ada ca­da­ngan daya sekitar 4,84 MW atau 55,34% di Kepulauan Mentawai. PLN optimis pasokan listrik cukup untuk untuk dinikmati oleh selu­ruh masyarakat di Kep. Mentawai.

Sementara itu, Bupati Kep. Mentawai Judas Sa­baggalet, mengungkapkan rasa terima kasih atas ban­tuan listrik gratis PLN ke­pada masyarakat di Kec. Siberut Selatan Kab. Kepu­lauan Mentawai.

“Saya sangat menga­presiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PLN telah hadir hingga ke dae­rah 3T seperti Kepulauan Mentawai. Kehadiran lis­trik berperan penting bagi masyarakat disini untuk memudahkan kegiatan me­reka sehari-hari sekaligus juga dapat menghidupkan perekonomian setempat. Kami berharap lankah PLN terus berlanjut untuk me­listriki desa-desa di kepu­lauan Mentawai yang be­lum dapat menikmati lis­trik,” ujarnya

Hal senada juga disam­paikan oleh DPRD Kep. Mentawai Yosep Sarogdok yang mengungkapkan ap­re­siasi atas kepedulian PLN terhadap warga Sibe­rut Selatan. 

“Rasa terima kasih ka­mi haturkan kepada PLN yang telah banyak mem­bantu Kep. Mentawai tidak hanya listrik gratis namun juga pemasangan jaringan listrik untuk masyarakat kami. Peresmian hari ini merupakan wujud duku­ngan PLN terhadap program Mentawai Terang yang telah dicanangkan oleh Bupati. Kami sangat mendukung agar seluruh masyarakat dapat me­nikmati listrik sepenuh­nya,” tutur Yosep

Leonardus, warga Du­sun Maileppet Kec. Siberut Selatan menyampaikan rasa haru dan ungkapan syukur atas bantuan listrik gratis yang telah diteri­manya. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan listrik gratis, karena memiliki listrik di rumah sendiri bagaikan mimpi yang menjadi ke­nya­taan. Kami bersyukur dengan adanya listrik, akti­vitas di rumah jadi semakin mudah. Bantuan sam­bu­ngan listrik gratis ini sangat membantu meringankan beban hidup kami,” ung­kapnya.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top