Menu

16 Titik Trotoar Jalan Dikebut Dilengkapi Lampu Pedestrian dan Bangku

  Dibaca : 163 kali
16 Titik Trotoar Jalan Dikebut Dilengkapi Lampu Pedestrian dan Bangku
PENGERJAAN TROTOAR— Pekerja tengah melakukan pemasangan paving block di trotoar Jalan Khatib Sulaiman, Selasa (13/8). Ditargetkan pengerjaan trotoar Khatib tuntas Desember mendatang. (wista yuki/posmetro)

UJUNG GURUN, METRO – Pemko Padang terus mengebut pengerjaan trotoar. Hingga saat ini, progres pengerjaan pembangunan sejumlah trotoar sudah mencapai 38,64 persen. Pengerjaan pembangunan trotoar tersebut dilakukan di 16 titik ruas jalan.

Yaitu, kawasan SMA 1 Padang, Jalan Beringin Raya, Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Gajah Mada, Jalan Proklamasi, Jalan Ksatria, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Agus Salim, Jalan MH Thamrin dan Jalan Kampung Nias. Kemudian, Jalan Veteran, Jalan Sutan Syahril, Jalan Kis Mangunsarkoro, Jalan S Parman, Jalan Proklamasi, Jalan Raya Siteba, Jalan Jamal Jamil dan Jalan Andalas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang, Yenni Yuliza mengatakan, ke-16 titik ruas jalan tersebut, sudah berlangsung pengerjaan pembangunan trotoarnya. ”Pengerjaan trotoar yang sudah berlangsung lama, yaitu Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Proklamasi, Jalan Sawahan, Jalan Gajah Mada, Jalan Thamrin, Jalan Kis Mangunsarkoro Jalan S Parman, SMA 1 Lolong. Yang baru mulai yaitu di Jalan Beringin Raya,” ujar Yenni, Selasa (13/8).

Trotoar-trotoar yang dibangun tersebut, dilengkapi dengan jalur pemandu bagi penyandang disabilitas. Kemudian, juga dilengkapi dengan ram yang merupakan tempat naik turunnya kursi roda.

Dijelaskan Yenni, pihaknya juga berkoordinasi dengan PLN, Telkom dan PDAM. Di mana, ketiga instansi tersebut bersedia menggeser tiang-tiang yang berkemungkinan menghambat jalur pejalan kaki termasuk bagi penyandang disabilitas.

”Koordinasi dengan pihak PLN, Telkom dan PDAM berjalan lancar,” tukasnya.

Selain itu terang Yenni, trotoar-trotoar yang dibangun tersebut juga dilengkapi dengan lampu pedestrian untuk pejalan dan bangku. Sebelumnya, Dinas PUPR sudah ada memasang lampu pedestrian dan bangku ini di Jalan Ujung Gurun, Jalan Jati dan kawasan Ganting.

Yenni menjelaskan, tahun ini pengerjaan pembangunan trotoar di Kota Padang dianggarkan senilai Rp32 miliar. Anggaran itu dialokasikan untuk membangun trotoar sepanjang 11,5 km di 16 titik.

Target penyelesaian pengerjaan pembangunan trotoar tahun ini, menurut Yenni, berbeda. Untuk pengerjaan trotoar di Jalan Sawahan, Jalan S Parman dan Jalan Kis Mangunsakoro, ditargetkan tuntas pertengahan November. Sedangkan titik-titik lainnya, ditargetkan tuntas pengerjaan trotoarnya pada Desember nanti. Termasuk di dalamnya pengerjaan trotoar di Jalan Khatib Sulaiman.

Untuk trotoar Jalan Khatib Sulaiman, pengerjaannya dilakukan sepanjang 1,3 km. Yaitu, mulai dari simpang depan RM Lamun Ombak hingga ke depan Hotel Whiz. Sisanya, akan dibangun tahun depan. Sedangkan lebar trotoar yang dibangun tersebut yaitu 6-8 meter.

Pembangunan trotoar di 16 titik dipilih karena memang sudah menjadi kebutuhan kota. Kemudian, juga ada usulan dari masyarakat melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional