Menu

16 Siswa SMKN 1 Tanjung Raya Ikuti Uji Sertifikasi

  Dibaca : 208 kali
16 Siswa SMKN 1 Tanjung Raya Ikuti Uji Sertifikasi
16 Siswa SMKN 1 Tanjung Raya Ikuti Uji Sertifikasi

AGAM, METRO
Sebanyak 16 orang siswa SMK Negeri 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam jurusan Bisnis Kontruksi dan Properti (BKP) mengikuti pembekalan dan uji sertifikasi yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Jasa Kontruksi Wilayah 1 Banda Aceh, Senin- Selasa, 29-30 Maret.

Uji sertifikasi bagi siswa kelas XII ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan keterampilan dan pembekalan calon lulusan SMK sebelum memasuki dunia industri. Uji sertifikasi ini digelar di ruang praktek jurusan BKP yang menghadirkan asesor atau penguji dari perguruan tinggi di Sumatera Barat

Tim Asesor Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Wisafri menyebutkan, pembekalan atau uji sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian siswa kelas XII. Sehingga setelah mendapatkan sertifikat nanti mereka bisa lebih mudah dalam mendapatkan peluang kerja, jika sudah lulus dari SMK.

Ia menyebutkan, selama ini tamatan SMK/SMA dan SLTA sederajat hanya dibekali dengan dokumen Ijazah. Akan tetapi saat ini, calon tamatan sekolah tersebut sudah ditambah dengan keahlian khusus di bidangnya masing-masing, sehingga nantinya mereka memiliki sertifikat layak, yang bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja di dunia industri.

“Di samping itu, kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Kementerian PUPR melalui Balai Jasa Kontruksi Wilayah 1 Banda Aceh yang meliputi lima Provinsi yaitu Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Nangroe Aceh Darussalam, dan Sumatera Barat. Pembekalan ini didanai Kementerian PUPR,” ungkap Wisafri.

Wisafri sebutkan, pelaksanaan uji sertifikasi ini berlangsung selama dua hari.

“Kalau mereka semua lulus mengikuti uji keahlian ini, nantinya akan kita rekomendasikan untuk mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh LPJK- Nasional,” ujar Dosen Politeknik Negeri Padang itu. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional