Close

16 Ribu Bibit Ikan Gariang Dilepas di Batang Gawan, Solok

LEPAS BIBIT IKAN— Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra melepas bibit ikan gariang sebanyak 16 ribu ke aliran sungai Batang Gawan.

SOLOK, METRO–Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra melapas bibit ikan di aliran Batang Gawan, Kota Solok. Bibit ikan jenis gariang itu merupakan bagian dari pro­gram bantuan pemerintah melalui pokok pikiran ang­gota DPRD Provinsi Sumbar.

Bantuan ikan tersebut menurut Rahmadhani lebih kurang sebanyak 16 ribu ekor bibit yang dilepas yang merupakan pokir anggota DPRD Provinsi Sumbar, Das­wipetra. Diharapkan nantinya, di sepanjang ali­ran Sungai Gawan akan dijadikan kawasan ikan lara­ngan yang dikelola masya­rakat. Dan hasilnya bisa meningkatkan pere­kono­mian masyarakat di sekitar aliran sungai tersebut.

Rahmadhani me­nyam­but positif atas kepedulian anggota DPRD Sumbar ter­hadap kebutuhan masya­rakat di Kota Solok. Dika­takannya, keberadaan ang­gota DPRD asal Kota Solok di Provinsi tentunya akan membawa dampak besar bagi daerah.

Banyak program pem­bangunan seperti infra­struk­tur, pelatihan dan lain­nya yang melibatkan ma­sya­rakat secar langsung. “Semoga bermanfaat bagi masyarakat, dan kedepan akan semakin banyak ban­tuan-bantuan dari pokok-pokok pikiran anggota DP­RD Sumbar yang dibawa ke Kota Solok,” ujar Rama­dhani.

Sementara Daswip­petra berharap, pelepasan bibit ikan akan membawa man­faat bagi masyarakat se­kitar. Dan juga agar lebih peduli terhadap pelestarian kawasan sungai. Sungai Batang Gawan menyimpan potensi untuk dikem­bang­kan kedepannya.

“Semoga pelepasan bi­bit ikan ini akan bermanfaat bagi masyarakat nantinya. Bagi saya, Sungai Batang Gawan menyimpan banyak nostalgia ketika masih ka­nak-kanak dulu,” tutur Daswippetra.

Dikatakannya, banyak program bantuan yang bisa digaet oleh pemerintah daerah di provinsi untuk membantu perekonomian masyarakat. Tinggal keje­lian menangkap peluang hang ada. “Harus jeli dan begerak cepat agar bisa mendapatkan bantuan yang ada di provinsi, di bidang pertanian ada lebih kurang anggaran Rp700 miliar, se­mua tergantung dari kepia­waian daerah,” jelas Das­wippetra.

Turut hadir, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Solok, Reffendi, Lurah Tanah Ga­ram, Asril, LPMK Kelurahan Tanah Garam, RT 002 Ga­wan, Iswandi beserta ma­syarakat Gawan.

Sekretaris Dinas Per­tanian Kota Solok, Reffendi menyebutkan, Ikan Garing dengan nama latin Tor tam­broides merupakan sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae. Ikan yang dige­mari orang karena da­ging­nya yang enak ini menyebar luas di kawasan Asia Teng­gara. “Beberapa nama lokal ikan ini di antaranya, ma­syarakat Sumbar menye­butnya gariang, orang jam­bi menyebutnya semah, se­mah selubai (Jambi) dan warga Jabar disebut tam­bra dan  hampal,” ujarnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top