Menu

15 Tahun tak Disentuh, Puluhan Emak-emak Goro Perbaiki Jalan di Nagari Damar Lapan Batang Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan

  Dibaca : 115 kali
15 Tahun tak Disentuh, Puluhan Emak-emak Goro Perbaiki Jalan di Nagari Damar Lapan Batang Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan
PERBAIKAN JALAN KAMPUNG— Belasan orang emak-emak bahu membahu bergotong royong melakukan perbaikan jalan kampung.

PESSEL, METRO–Puluhan emak – emak di Nagari Damar Lapan Batang Inderapura, Kecamatan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan, membawa cangkul, sapu dan alat seadanya turun ke jalan menggelar goro bersama. Berharap jalan telah ada sejak 15 tahun bisa diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Setiap kali hujan turun jalan sepanjang 3 km kondisinya berlumpur. Belum licin dan berlubang, se­hing­ga cukup memba­ha­ya­kan bagi pengendera ro­da dua yang melintasi jalan tersebut.

Karena kondisi itu, e­mak – emak di wilayah itu, Minggu (12/9) goro bersama membersihkan lumpur bercampur tanah.

Iren (35) mengatakan kegiatan ini dilakukan agar mendapat perhatian pemerintah selama ini kami cuma dapat janji-janji manis dari pemerintah sudah 15 tahun pemerintah selalu berjanji bakal di aspal. “Jalan ini sudah ada sejak zaman bupati (Alm) Nasrul Abit sampai saat ini belum juga terlealisasi,” ungkap Iren.

Ditambahkan, warga suudah sering emak tu jatuh di jalan tersebut a­palagi saat hujan jalan sangat licin dan berlobang bahkan ada juga cidera saat jatuh. Jalan yang belum diaspal rusak parah akibat hujan sehingga sulit untuk dilalui, kegiatan ini dilakukan agar dapat perhatian pemerintah setempat. Dan, Ia berharap mes­kipun belum sempat pemerintah aspal mohon tangap darurat agar bisa di lakukan pendataran dan jalan mengunakan alat berat.

Wali Nagari Damar La­pan Batang Inderapura, W.Amril ketika dikonfirmasi mengatakan, permohan untuk memperbaiki jalan tersebut sudah lama di ajukan bahkan sudah beberapa kali namun sampai saat ini juga belum ada pelaksanaan

Karena jalan tersebut jalan kabupaten untuk me­ngunakan dana nagari ti­dak bisa. W.Amril me­ng­ungkapkan, sudah ada sum­bangan dari nagari untuk timbunan sekiran 15 mobil truk bawa meterial agar jalan bisa dilalui namun itu tidak juga cukup menutupi jalan yang berlubang terlalu ba­nyak. “Kita tidak mampu lagi mencari sumbangan, ma­ka nya kemarin beberapa orang warga kita goro bersama,” tekuk­nya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional