Menu

15 PT dan 9 SMA Ikuti Pajak Bertutur 2021, Lindawaty: Media Edukasi Kesadaran Pajak untuk Generasi Muda

  Dibaca : 65 kali
15 PT dan 9 SMA Ikuti Pajak Bertutur 2021, Lindawaty: Media Edukasi Kesadaran Pajak untuk Generasi Muda
PAJAK BERTUTUR 2021— Kepala Kanwil DJP Sumbar dan Jambi Lindawaty memberikan sambutan saat kegiatan Pajak Bertutur yang diadakan serentak se-Indonesia secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings dan dihadiri langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

KHATIB, METRO–Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi menye­lenggarakan kegiatan Pajak Bertutur Tahun 2021 dengan tema “Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara”. Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings dan dihadiri langsung oleh Men­teri Keuangan Sri Mul­yani, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo, dan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim serta diikuti oleh siswa SMA dan mahasiwa dari berbagai universitas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bah­wa dampak pandemi Co­vid-19 membuat peme­rintah harus menggunakan dana APBN untuk penang­gulangan dampak Covid-19. Peranan pajak sangat diperlukan karena 70 % hingga 80 % sumber APBN adalah dari pajak.

“Menghadapi Covid-19 ini butuh upaya yang luar biasa. Sangat berpengaruh terhadap pendapatan ma­syarakat, sehingga peme­rin­tah memberikan ban­tuan sosial, insentif, BLT Desa, BSU, kuota internet dan bantuan lainnya,” ujar Menteri Keuangan. Sri Mul­yani juga mengingatkan kembali bahwa peranan pajak menjadi sangat pen­ting untuk Indonesia maju dan kuat yang memang harus kita sadari sejak dini.

Pada kesempatan ter­sebut, Kepala Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi Lindawaty memberikan arahan kepada seluruh peserta kegiatan Pajak Bertutur tahun 2021. “Su­dah menjadi tugas kita ber­sama untuk melakukan edu­kasi perpajakan dan edu­kasi pembentukan ka­rak­ter di Indonesia tentang peranan pajak kepada sis­wa dan mahasiswa untuk me­wujudkan generasi emas cerdas dan sadar pajak,” ungkap Lindawaty.

Dijelaskan Lindawaty, Pajak Bertutur merupakan program sosialiasi yang digalakkan oleh Direktorat Jenderal Pajak bersama jajarannya salah satunya yaitu Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi untuk me­na­namkan nilai-nilai kesa­daran masyarakat tentang pentingnya pajak bagi ne­gara dan bagi masyarakat itu sendiri. Kemudian, mem­­­berikan edukasi ke­pada pelajar dan mah­asiswa karena mereka ada­lah orang-orang yang akan menjadi wajib pajak sekaligus menjadi penerus estafet kepemimpinan di masa depan.

Kegiatan Pajak Bertutur dilakukan serentak di Kan­wil DJP Sumatera Barat dan Jambi beserta KPP Pratama dan Kantor Pela­yanan, Penyuluhan, dan Kon­sultasi Perpajakan (KP2KP) di wilayah Suma­te­ra Barat dan Jambi de­ngan diikuti 15 perguruan tinggi. Kemudian, 9 SMA, serta lebih dari 300 pelajar dan mahasiswa.

“Dalam rangka mewu­jud­kan generasi yang mem­punyai kesadaran pa­jak, Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi terus ber­upaya melakukan edukasi nilai-nilai kesadaran pajak kepada generasi muda melalui pendidikan dalam program Inklusi Kesa­da­ran Pajak. Agar program ini dapat terlaksana secara optimal, diperlukan adanya ko­laborasi yang baik de­ngan pihak atau mitra lain­nya,” ungkap Lindawaty.

Dalam kesempatan itu, Kanwil DJP juga mem­beri­kan penghargaan ke­pada para mitra dari perguruan tinggi dan pihak yang kon­sisten berpartisipasi dan mendukung meng­imple­mentasikan Inklusi Kesa­daran Pajak di lingkungan uni­versitas dan Kanwil DJP Su­matera Barat dan Jambi. Penghargaan diberikan ke­pada Heru Pudyo Nu­groho, S.E,M.B.A. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jen­deral Per­bendaharaan Pro­­vinsi Su­matera Barat, Eva Fitrianti, S.S., M. Pd. Dari Universitas Ekasakti – AAI Padang, Dr. H. Muslim Tawakal, SH, M Pd. dan Dra. Pebriyenni, M.Si. dari Universitas Bung Hatta.

Acara dilanjutkan de­ngan pemberian materi ke­pada peserta Pajak Ber­tutur dengan tema Gene­rasi Muda Sadar Pajak Wu­jud Bela Negara oleh Fung­sional Penyuluh Pajak Kan­wil DJP Sumatera Barat dan Jambi, Septhiavani Habe dan Kepala Bidang Pe­nyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masya­ra­kat, Marihot Pahala Sia­haan disertai dialog inte­raktif tanya jawab bersama peserta dan ditutup de­ngan foto bersama. (ren/rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional