Menu

15 Kilogram Daun Ganja Dimusnahkan

  Dibaca : 190 kali
15 Kilogram Daun Ganja Dimusnahkan
GELAR PERKARA— Pihak Kepolisian Polres Pasaman saat menggelar perkara kasus daun ganja 15 kg hasil tangkapan dari 4 orang tersangka. (amir mahmud/posmetro )

PASAMAN, METRO – Polres Pasaman memusnahkan sebanyak 15.507,38 gram daun ganja kering, pemusnahan daun ganja tersebut dipusatkan di halaman Polres Pasaman. Selasa (22/5), Pemusnahan belasan daun ganja kering dengan cara dibakar ini merupakan hasil tangkapan 5 Mei 2019 dan 11 Mei 2019. Baran ini ditangkap di dua lokasi dengan empat orang tersangka yang diamankan beberapa waktu yang lalu.

Pemusnahan barang haram tersebut dilakukan oleh, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin, Kajari Pasaman Adhryansah, Dandim 0305 Pasaman Letkol ARH Pri Isdiyanto, Pengadilan Negeri Lubuksikaping, dan pihak Dinas Kesehatan Pasaman. Kegiatan pemusnahan barang bukti haram itu dilakukan untuk keperluan pemeriksaan dalam tingkat penyidikan, penuntutan dan sidang pengadilan

 Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin mengatakan, sekitar 15 kilo gram narkotika jenis daun ganja yang dimusnahkan itu merupakan hasil tangkapan dari personil Satresnarkoba Polres Pasaman dari dua lokasi yang berbeda dengan empat orang tersangka.

 Dijelaskan Kapolres, penangkapan pertama dilakukan pada, Rabu (8/5) sekira pukul 04.30 Wib di jalan Lintas Sumatera Medan-Bukittinggi tepatnya di lokasi Rimbo Panti Jorong Murni Nagari Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman, Satresnarkoba Polres Pasaman mengungkap tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis ganja dari dua orang tersangka berinisial AH (20) dan KS (24) warga Kelurahan Taratak Ladang Kampuangz, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

 “Dari dua tersangka tersebut, Tim Satresnarkoba berhasil menyita barang bukti berupa 10 paket besar narkotika jenis ganja yang dibalut dengan lakban warna kuning dengan total berat keseluruhan 9.935,36 gram,” katanya.

 Kapolres menjelaskan, pemusnahan barang bukti (BB) tersebut berdasarkan surat ketetapan status BB narkotika dari kepala Kejaksaan Negeri Pasaman nomor : B-560/N.3.18/Euh.I/05/2019 tanggal 14 Mei 2019.

Selanjutnya, penangkapan kedua terjadi pada, Sabtu (11/5) pukul 03.00 Wib di jalan Lintas Sumatera Medan Bukittinggi tepatnya di depan SMPN 1 Rao Selatan di jorong Air Hangat Nagari Tanjung Betung Kecamatan Rao Selatan, Satresnarkoba kembali menangkap penyalahgunaan narkotika jenis ganja atas dua tersangka yakni, AF (19), suku mandailing, pekerjaan wiraswasta, alamat Jalan ABRI No 50 Panyabungan II kelurahan Panyabungan II Gunung Baringin Kabupaten Mandailing Natal provinsi Sumut. Dan tersangka AH (20), Suku mandailing, pekerjaan Buruh, alamat Desa Parmompang Kecamatan Gunung Baringin Kabupaten Mandahiling Natal provinsi Sumut.

 Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman, Adhryansah dalam sambutanya mengatakan pihaknya juga akan terus komit dalam memberantas berbagai tindak pidana di daerah itu khususnya Narkotika dan penyakit masyarakat, serta lebih meningkatkan sinergitas dengan berbagai elemen masyarakat. “Ada peningkatakan dalam hal tindak pidana Narkotika. Jadi, semua elemen masyarakat harus bersatu untuk melawan narkoba dan pekat di daerah ini,” ungkapnya.

 Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, mengapresiasi upaya penegak hukum dalam memberantas tindak pidana Narkotika maupun judi di daerah itu.

“Saya Bupati Pasaman berasa terharu, bangga terhadap upaya penegakan hukum oleh aparat penegak hukum kita, terhadap tindak pidana narkotika dan judi,” katanya. Dikatakan Bupati, kebanyakan pelaku tindak pidana narkotika yang tertangkap di daerah itu merupakan orang luar. Mereka, kata dia, memasok narkotika jenis ganja dari wilayah Madina, Sumut. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional