Menu

15.000 Bibit Ikan Ditebar di Banda Larangan Lubuk Ba­sung

  Dibaca : 81 kali
15.000 Bibit Ikan Ditebar di Banda Larangan Lubuk Ba­sung
TEBAR BIBIT IKAN— Pemnag Lubuk Basung, menebar bibit ikan larangan masyarakat nagari sebanyak 15.000 bibit.

AGAM, METRO–Di masa pademi Covid-19 ini Pemerintah Nagari Lubuk Ba­sung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabu­paten Agam kembali me­lakukan penebaran bibit ikan larangan masyarakat nagari.  Rabu (28/7), ditebar sebanyak 15.000 bibit yang tersebar di Jorong Balai Ahad dua lokasi, Surabayo satu lokasi, Nagari Persiapan Sungai Jariang satu lokasi dan di Nagari Persiapan Sangkir.

“Masing-masing lokasi dite­bar 3.000 bibit di banda larangan yang dike­lola masyarakat,” ujar Wali Nagari Lubuk Basung, Dar­ma Ira Putra.

Dikatakan, hingga kini bibit yang disebar ke masyarakat sudah lebih 100.000, yang ter­sebar di seluruh jorong di Nagari Lubuk Basung. “Target awal penebaran bibit ikan ini seba­nyak 170.000, karena per­mintaan cukup banyak kita tambah 50.000 lagi,” sebut Darma.

Dikatakan, dalam penebaran bibit ini pemerintah nagari mem­berdayakan pembibitan anak Na­gari Lubuk Basung untuk menda­patkan bibit, sekaligus sebagai upaya meningkatkan perekono­mian masya­rakat. di­tengah masa pademi Covid-19 ini

Darma menjelaskan, pen­e­ba­ran bibit ini merupakan program pemerintah nagari di 2021, dalam memberdayakan drai­nase atau irigasi untuk budidaya ikan. Serta meningkatkan ak­tivitas masya­rakat dengan cara budidaya ikan melalui bandar larangan.

“Melalui kegiatan ini tentu drai­nase atau irigasi di Nagari Lubuk Basung akan jadi bersih dari sam­pah dan airnya juga lebih ter­kontrol,” terang Dar­ma.Tidak ha­nya itu, hasil tang­kapan ikan ini nantinya juga bisa dimanfaatkan masyarakat un­tuk sumbangan pembangunan mas­jid, penerang jalan dan lainnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional