Menu

14 Agustus, 45 Anggota DPRD Terpilih Dilantik

  Dibaca : 71 kali
14 Agustus, 45 Anggota DPRD Terpilih Dilantik
Ilustrasi Pelantikan

SAWAHAN, METRO – Setelah beberapa kali tertunda, 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang terpilih akhirnya dilantik, Rabu (14/8) mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang sudah mengajukan surat usulan pelantikan ke Pemprov Sumbar melalui Pemko Padang.

Sekretariat DPRD (Sekwan) Kota Padang Syahrul menyebutkan, saat ini pihaknya sedang bersiap untuk pelantikan 45 anggota DPRD Padang periode 2019-2024, yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Kota Padang, Jumat (9/8). Dia mengatakan, saat ini sekretariat sedang mempersiapkan administrasi setelah menerima berita acara penetapan dari KPU Padang.

“Salah satunya surat pengajuan kepada Gubernur Sumbar untuk mendapatkan SK bagi mereka,” kata Syahrul.

Karena pelantikan atau pengambilan sumpah terhadap dewan, kata Syahrul, baru dapat dilaksanakan setelah ada SK dari Gubernur Sumbar. Pelantikan anggota DPRD Padang periode 2019-2024 direncanakan berlangsung 14 Agustus.

“Pelantikan DPRD terpilih ini molor 8 hari dengan masa jabatan anggota dewan periode 2014-2019 yang telah berakhir 6 Agustus 2019,” ujar Syahrul.

Seharusnya, tutur Syahrul, pelantikan diadakan pada 6 Agustus tetapi masih menunggu proses hukum maka kegiatan diundur. Ke-45 anggota dewan tersebut berasal dari lima daerah pemilihan (dapil).

Adapun kursi DPRD Padang periode 2019-2024 terdiri dari 45 kursi diraih Gerindra 11, PKS 9, PAN 7, Demokrat 6, PDI-P, Golkar dan PPP masing-masing 3 kursi, Berkarya 2 dan Nasdem 1.

Sebelumnya, pada periode 2014-2019, Gerindra dan PAN memperoleh 6 kursi, diikuti PKS, Golkar, Demokrat dan Hanura 5 kursi, PPP dan Nasdem 4 kursi, PDI-P 3 kursi, PKB dan PBB masing-masing 1 kursi.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pa­dang, Riki Eka Putra me­nga­takan, usai rapat pleno ini, pihaknya berencana akan bertemu dengan Wali Kota Padang untuk me­nyerahkan hasil rapat ple­no untuk diteruskan ke gu­bernur guna dibuatkan SK-nya.

“Diharapkan nanti, anggota DPRD terpilih ini bisa dilantik sesegera mungkin untuk bisa mengisi kekosongan di DPRD Padang yang sudah terjadi beberapa hari,” ujar Riki.

Riki menjelaskan, KPU baru bisa melakukan penetapan rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kota Padang pada Jumat (9/8) ini dikarenakan baru menerima surat perintah melaksanakan pleno dari KPU RI, Kamis magrib (8/8). (mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional