Close

130 Orang Diskrining1 Waria dan 1 LSL Positif HIV

TAN MALAKA, METRO–Satpol PP telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang beberapa bulan terakhir untuk melakukan tes darah, skrining HIV dan Penyakit Menular Lainnya (PML) terhadap orang yang diamankan.

Sebanyak 130 orang yang terjaring Satpol PP, diantaranya 58 orang laki-laki dan 72 orang perempuan, sudah dilakukan skrining selama Januari hingga Juli, dua orang dinyatakan Postif HIV, serta enam orang lainnya dinyatakan ada keluhan infeksi menular.

“Semua yang kita amankan, selalu kita lakukan skrining bersama tim dari Dinas Kesehatan Kota Padang, sesuai data yang kita dapatkan, dua diantaranya dinyatakan positif HIV yakni satu waria dan satu lagi Lelaki Suka Lelaki (LSL),” ujar Mursalim.

Mereka yang dilakukan skrining di Mako Satpol PP Kota Padang tersebut ialah mereka yang kedapatan beraktifitas sebagai PSK dan penyakit masyarakat lainnya.

“Kita fokus melakukan skrining terhadap waria, LSL, PSK, anak jalanan yang diamankan warga kumpul kebo, mereka yang kita amankan di hotel dan penginapan, yang diduga pasangan ilegal yang yelah kita amankan,” tuturnya.

Tujuan dilaksanakan skrining tersebut, untuk mendeteksi HIV sejak dini mungkin, agar tidak terlambat dan bisa dilakukan pencegahan, perawatan, dan pengobatan HIV bagi mereka yang terduga menjadi penderita.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top