Menu

12 Lagi dalam Penyempurnaan, 59 Nagari Bakal Jadi Nagari Defenitif

  Dibaca : 55 kali
12 Lagi dalam Penyempurnaan, 59 Nagari Bakal Jadi Nagari Defenitif
Bupati pasbar hamsuardi, terlihat sdg membacakan hasil verifikasi mendagri terkait 59 nagari persiapan dimpasbar yang akan menjadi nagari defenif tahun ini.

PASBAR,METRO
Sebanyak 59 Nagari Persiapan, di Kabupatrn Pasaman Barat (Pasbar) akan menjadi Nagari Defenitif. Karena sudah direkomendasikan oleh tim penataan desa tingkat pusat untuk penerbitan kode desa oleh Menteri Dalam Negeri. “kata Bupati Pasbar Hamsuardi pada Wartawan saat Jumpa Pers pada Senin (29/3) kemarin di Balkon Kantor Bupati Pasbar.

Dikayakan Hamsuardi, jumlah itu berdasarkan hasil klarifikasi tim penataan desa tingkat pusat yang dilaksanakan pada tanggal 24-26 Maret 2021 lalu, di Jakarta.

“Sesuai usulan kita, ada 71 Nagari Persiapan yang disampaikan. Namun dari hasil klarifikasi, baru 59 Nagari Persiapan yang memenuhi persyaratan dan sisanya dikembalikan untuk disempurnakan, karena belum ada nya Pemendagri tentang Batas.” ujar Hamsuardi.

Ada 12 Nagari Persiapan lagi yang masih perlu penyempurnaan, khususnya menyangkut berkas persyaratan seperti batas nagari.

“12 nagari persiapan itu diantaranya, Nagari Persiapan Padang Canduh, Limau Purut, dan Bunuik, Tabek Sirah Talu, Sungai Janiah Talu, Kajai Selatan, Simpang Timbo Abu Kajai, Pinaga Aua Kuniang, Lubuak Landua Aua Kuniang, Lembah Binuang Aua Kuniang.

Serta Anam Koto Utara dan Bandua Balai juga dikembalikan untuk penyempurnaan kelengkapan persyaratan, yakni soal batas Kabupaten Pasaman dan Pasbar.

“Untuk sembilan nagari itu diberikan waktu oleh Mendagri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa paling lama satu tahun sejak tanggal 26 Maret 2021,” lanjut Hamsuardi.

Ia menegaskan, Nagari Persiapan yang belum mendapatkan rekomendasi dari tim penataan desa tingkat pusat masih bisa berjalan seperti biasa. “Tim penataan nagari Kabupaten Pasbar tetap berkomitmen untuk mengawal dan menyelesaikan penyempurnaan administrasi sebelum habis batas waktu yang diberikan oleh tim penataan desa tingkat pusat,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Pasbar, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, pemuda-pemudi. Serta tokoh masyarakat yang telah berperan dan berdoa sehingga keinginan dan harapan yang selama ini bisa terwujud. [end]

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional