Menu

11 Orang Positif Covid-19 di Payakumbuh Sembuh

  Dibaca : 288 kali
11 Orang Positif Covid-19 di Payakumbuh Sembuh
dr. Bakhrizal Kadis Kesehatan Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH, METRO
Kabar baik datang dari Kota Payakumbuh. Sebanyak 11 orang dari 19 warga Payakumbuh yang terkonfirmasi positif terjangkit virus corona (Covid-19) berhasil sembuh. Sementara, delapan lagi masih menjalani perawatan dan isolasi untuk penyembuhan.

Kadis Kesehatan Kota Payakumbuh dr Bakhrizal mengatakan, terus bertambahnya pasien Covid-19 asal Payakumbuh yang sembuh, merupakan kabar menggembirakan. Saat ini, total sudah 11 orang yang sembuh dari virus tersebut.

“Warga Payakumbuh yang posiitif Covid-19 jumlahnya 19 orang. Alhamdulilla, 11 orang dinyatakan sembuh. Mereka sudah dilakukan uji swab dan hasilnya negatif dua kali. Jadi yang masih menjalani proses penyembuhan sekarang tinggal delapan lagi,” ungkap Bakhrizal.

Bakhrizal menjelaskan, pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minggu (24/5), terkonfirmasi penambahan 6 orang lagi warga positif corona, sehingga total kasus di Payakumbuh menjadi 19. Dan satu orang yang terpapar dari penambahan enam kasus itu adalah Kepala BPBD Payakumbuh YA (58).

“Meski dinyatakan positif dari hasil uji sampel swab di Labor, namun kondisi YA baik-baik saja dan tidak ada gejala sedikitpun. YA sudah menjalani isolasi,” jelas Bakhrizal.

Bakhrizal menegaskan, dalam penanganan Covid-19 ini dan memutus mata rantai penyebaran di tengah masyarakat tetap di gaungkan di Payakumbuh. Mulai dari kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota. Berbagai upaya dilakukan, termasuk menutup beberapa akses jalan untuk mengatur masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jumat (29/5) PSBB tahap II di Sumatera Barat akan berakhir, sementara peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif di Sumbar terus bertambah dengan jumlah cukup banyak tidak terkcuali di Payakumbuh dengan jumlah kasus 19. Semuanya kini tergantun kepada Gubernur Sumatera Barat, apakah akan memperpanjang PSBB atau akan new normal, besok evaluasinya bersama Gubernur,” ucap Bakhrizal.

Kepala BPBD Tidak Tau Tertular dari Siapa
Kepala BPBD Kota Payakumbuh YA, yang dinyatakan postifi Covid-19 pada Minggu (24/5) kini harus menjalani isolasi di RSUD Adnan WD Payakumbuh. Mengingat YA tidak memiliki gejala sedikitpun, dan dirinya masih bisa terseyum dan tertawa seperti biasa di ruang isolasi yang dihuninya sendiri.

“Sungguh saya tidak habis pikir, dimana dan dengan siapa saya pernah kontak, sehingga saya dinyatakan positif corona. Sampai detik ini (Senin red) belum terjawab sama saya,” ceritanya kepada wartawan dari gagang telpon di balik ruang isolasinya.

Dia makin yakin, kenapa tim gugus tugas menyuruh masyarakat untuk di rumah saja, artinya jika tidak penting keluar rumah untuk membeli keperluan dapur, sebaiknya tidak keluar. Karena di luar banyak OTG (orang tanpa gejala) berkeliaran. Dirinya juga mengimbau kepada siapapun yang pernah kontak dengannya untuk melapor dan melakukan uji swab dan isolasi diri di rumah. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional