Menu

11 Calon Sekdaprov Sumatra Barat Lolos Seleksi Administrasi, 4 Nama Dinyatakan Tak Memenuhi Syarat

  Dibaca : 166 kali
11 Calon Sekdaprov Sumatra Barat Lolos Seleksi Administrasi, 4 Nama Dinyatakan Tak Memenuhi Syarat
Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan pelaksanaan maulud nabi Muhammad SAW dalam Kabupaten Padangpariaman dilalaksanakan masyarakat sepanjang tahun.

PADANG, METRO–Dari 15 nama yang mendaftar sebagai ca­lon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatra Barat (Sum­bar), sebanyak empat calon dinyatakan tidak lolos seleksi admi­nis­tarsi. Sedangkan 11 calon yang sudah di­nyatakan lolos, akan lanjut ke tahapan uji penulisan makalah.

Kepala Dinas Ko­minfo Provinsi Sum­bar, Jasman Rizal me­ngatakan, pelamar seleksi calon Sekdaprov Sumbar tersebut berasal dari pejabat di ling­kungan Pemprov Sumbar. Kemudian ada juga berasal dari pejabat pemerintah kabupaten kota di Sumbar.

“Pengumuman seleksi berdasarkan Berita Acara Panitia Seleksi Nomor: 821/3905/BKD-2021 tentang Pe­netapan Hasil Seleksi Ad­ministrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat Tahun 2021. Dengan surat diumumkan peserta yang lulus seleksi administrasi pada Seleksi terbuka jaba­tan pimpinan tinggi madya Sekdaprov Sumatra Barat Tahun 2021,” kata Jasman, Rabu (2/6).

Diketahui ada 15 nama yang mendaftar dan empat di antaranya tidak lolos yaitu Yudesmi, (Sekda Ka­bupaten Pasaman Barat), Indra Sakti (Staf Ahli Bi­dang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Kota Pariaman). Kemudian Dr  Jamaludin Malik (Ahli Pe­neliti Madya Kementerian Lingkungan Hidup dan Ke­hutanan), dan drh, Erinaldi, MM (Kepala Dinas Peter­nakan dan Kesehatan He­wan Provinsi Sumbar).

Sementara, ke-11 calon yang lolos seleksi admi­nistrasi tersebut adalah Kepala Dinas Kependu­dukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Sela­tan Efiyandri, Sekko Payakum­buh Rida Ananda, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, Kepala BPSDM Sumbar Jefrinal Arifin, Sekkab Si­jun­jung Zefnihan.

Selanjutnya Kepala Di­nas Kehutanan Sumbar Yozarwardi Usama Putra, Kepala Bappeda Sumbar Hansastri, Kepala DP­MP­TSP Sumbar Maswar Dedi, Staf Ahli Bidang Pemba­ngunan Ekonomi dan Keu­angan Pemko Padang Medi Is­wandi, Staf Ahli Bidang Ke­masyarakatan dan SDM Pemko Padang Andri Yuli­ka, dan Sekko Padang Amas­­rul.

“Dalam rangka penelu­suran rekam jejak dan un­tuk pemenuhan prinsip transparansi, panitia selek­si mengharapkan partisi­pasi masyarakat atau lem­baga dengan identitas yang jelas untuk menyam­paikan surat dalam amplop tertutup mengenai rekam jejak peserta terkait integ­ritas, moralitas, pelangga­ran susila dan perbuatan tercela dengan bukti-bukti yang valid kepada panitia,” ungkap Jasman.

Terpisah, Panitia Selek­si Calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sum­bar Hamdani mengatakan, Dari 15 pelamar, sebanyak empat pelamar gugur atau tidak bisa lanjut ke tahap seleksi selanjutnya. Arti­nya, 11 orang pelamar lan­jut ke tahap berikutnya, yakni uji penulisan maka­lah. Keem­patnya dinya­takan gugur karena ada persyaratannya tidak lengkap.

“Ada 30 poin instrumen administrasi yang harus dipenuhi pelamar. Apabila satu poin saja TMS atau tidak memenuhi syarat, maka otomatis gugur,” kata Hamdani yang meru­pakan Pansel dari Kemen­dagri ini.

Diketahui tahapan se­leksi dimulai 24 Mei 2021 sampai hasilnya pada 28 Juni 2021 nanti. Pengu­muman dan pendaftaran serta penerimaan berkas dimulai dari 24 Mei hingga 31 Mei. Kemudian seleksi adminis­trasi dan pengu­muman hasil seleksi admi­nis­trasi pada 2 Juni 2021.

Dilanjutkan dengan pe­nulisan makalah pada 3 Juni 2021, pengumuman hasilnya pada 4 Juni 2021. Kemudian, uji kompetensi pada 7 Juni 2021, tes ke­sehatan, kejiwaan dan be­bas narkoba 14 Juni 2021. Selanjutnya, presentasi dan wawancara 25 Juni 2021. Terakhir, pengu­mu­man hasil akhir untuk tiga calon yang kemudian dia­jukan ke Kemendagri pada 28 Juni 2021.

Seluruh peserta seleksi yang memenuhi syarat punya kesempatan yang sama. Bobot tertinggi da­lam seleksi adalah presen­tasi dan wawancara 35%, kemudian ujian kom­peten­si 25%, penulisan naskah dan jejak rekam masing-masing 20%. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional