Menu

109 Tahun Pendirian Pabrik Semen Padang Berdiri Kokoh, Terbaik dan Bermanfaat

  Dibaca : 149 kali
109 Tahun Pendirian Pabrik Semen Padang Berdiri Kokoh, Terbaik dan Bermanfaat
Usia 109 tahun— Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri bersama Direktur Keuangan Tri Hartono Rianto, Direktur Produksi Firdaus, FKIK dan karyawan, berfoto bersama usai Upacara HUT Pendirian Pabrik ke-109 PT Semen Padang, di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang, Senin (18/3). (inset) Dirut bersama jajaran manajemen Semen Padang melakukan peletakan batu pertama Monumen Lori Semen Padang.

PADANG, METRO – Usia 109 tahun merupakan usia yang sangat matang. Semen Padang masih terus tegak berdiri memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat dan negara. Eksistensi PT Semen Padang saat ini, terbangun dari semangat pengabdian, kerja keras dan kecintaan dari para pendahulu. Semangat itu tentunya harus terus bergelora dalam diri dan jiwa seluruh karyawan.

Hal itu diungkap Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, pada Upacara HUT Pendirian Pabrik ke-109 PT Semen Padang, di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang, Senin (18/3).

”Saya yakin, dulu dalam benak beliau-beliau itu hanya satu yang difikirkan, yakni bagaimana perusahaan ini tetap terus berjalan demi keberlangsungan anak cucunya. Nah, bagaimana dengan kita? Apakah dalam diri kita sudah tertanam pemikiran yang luhur seperti itu? Bahwa sebenarnya apa yang kita kerjakan saat ini adalah apa yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita,” kata Dirut Yosviandri.

Dijelaskan, karena perjuangan untuk terus membuat Semen Padang tetap berdiri kokoh sampai 10, 20, bahkan 50 tahun lagi ada di pundak generasi muda. Generasi muda kebanggaan Semen Padang diharapkan memiliki rasa kebanggaan dan rasa ingin terus memberikan yang terbaik kepada perusahaan.

”Perusahaan yang didirikan bangsa Belanda ini tetap kokoh dan semakin eksis di tangan generasi bangsa hingga sekarang. Giving The Best to Build A Better Life, kalimat itu harus tertulis di punggung kita. Dimana, memiliki makna yang sangat dalam. Bahwasanya, kita semua sebagai karyawan PT Semen Padang, apapun jabatan kita, jenis pekerjaan kita, dimanapun kita ditempatkan, mari memberikan kinerja terbaik, penuh keikhlasan, semangat tinggi untuk kemaslahatan umat manusia. Tidak lupa dengan terus menjaga budaya perusahaan dalam melakukan pekerjaan dan mengedepankan prinsip-prinsip GCG,” ulas dirut.

Selama 109 Tahun PT Semen Padang berdiri, perusahaan telah memberikan kontribusi kepada Negara Indonesia,dan terkhusus kepada masyarakat Sumatera Barat, secara langsung maupun tidak langsung. Semen yang dihasilkan turut membangun negara dalam bentuk infrastuktur jalan, jembatan dan mahakarya bangunan-bangunan indah dan kokoh di Indonesia.

Bentuk kontribusi lain yang tidak bisa dilihat dengan mata, namun bisa dirasakan manfaatnya adalah dengan multiplier effect yang tercipta. Program bantuan pendidikan beasiswa diberikan setiap tahun untuk ribuan anak-anak yang tidak mampu. Selain itu, ribuan masyarakat terbantu ekonominya melalui Program Mitra Binaan. Perekonomian masyarakat sekitar berputar dan meningkat.

”Selama 2018, Semen Padang mencatatkan laba bersih sebesar Rp784 miliar. Sementara pada 2019, menargetkan laba bersih di atas Rp1 triliun. Dari sisi CSR, hingga 2018 Semen Padang membina sebanyak 1.723 pelaku UMKM mitra binaan,” ungkap dirut.

Selain membidik bisnis semen, PT Semen Padang juga telah mengembangkan bisnis non semen, seperti pengujian sampel yang dilakukan oleh laboratorium dari pihak luar yang ingin menggunakan jasa pengujian labor, produksi dan pemasaran worskhop, dan bisnis penjualan split.

Di sisi lain, sepanjang tahun 2018 serta di awal 2019, banyak perubahan yang terjadi pada proses bisnis serta kebijakan di perusahaan. Transformasi korporasi yang saat ini masih berlangsung menuntut semua menjadi entitas dan pribadi yang adaptif, senantiasa mengemukakan inovasidan ide kreatif, lincah, jujur dan berintegritas sehingga memberikan nilai tambah pada setiap proses bisnis yang dilaksanakan. Dan tentu saja harus efisien.

”Selain itu, budaya bersih dan menjaga kebersihan. Lingkungan yang bersih dan indah akan membuat kita nyaman bekerja,” kata dirut dalam upacara yang juga dihadiri Direktur Keuangan Tri Hartono Rianto, Direktur Produksi Firdaus dan segenap karyawan Semen Padang Group.

Sementara itu, jelang pesta demokrasi 17 April yang makin dekat, dirut memberi pesan kepada seluruh karyawan turut menjaga situasi kondusif, khususnya menjelang Pemilu. Tabayyun sebelum sebelum sharing informasi serta terus menjaga diri dari paham radikal dan terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

”Dan, yang terpenting perlu saya tekankan lagi bahwa tidak ada toleransi untuk narkoba. Siapapun orangnya, jika terbukti menggunakan narkoba Perusahaan tidakakan memberikan toleransi dalam bentuk apapun. Tetap waspada terhadap peredaran narkoba, perhatikan keluarga dan orang-orang terdekat, karena penggunaan narkoba merupakan salah satu penyebab terjadi kejahatan,” lugasnya.

Usai upacara, jajaran manajemen Semen Padang melakukan peletakan batu pertama Monumen Lori Semen Padang, di areal kantor Pusat PT Semen Padang. Selanjutnya, jajaran direksi, staf eselon 1, dan ibu-ibu dari Forum Komunikasi Istri Karyawan melakukan penanaman pohon di lingkungan perusahaan dan dilanjutkan dengan acara seminar motivasi. (ren)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional