Menu

101 Alumni MAN 2 Tembus Mahasiswa Undangan

  Dibaca : 1195 kali
101 Alumni MAN 2 Tembus Mahasiswa Undangan
Akhrimeinhardi (Kepala MAN 2 Padang)

PADANG, METRO – Siswa MAN 2 Padang pada ujian nasional (UN) 2019 lulus dengan persentase 100 persen, dari jumlah 393 siswa kelas XII. Kemudian, sebanyak 101 dari 393 siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tampa mengikuti tes.

Mereka berhasil lulus di berbagai PTN favorit di Indonesia seperti Istitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Jokjakarta (UNY), Universitas Andalas Padang (UNAND), UNP Padang dan sebagainya.

Kepala MAN 2 Padang Akhrimeinhardi mengatakan, dari 101 siswa MAN 2 Padang yang lulus di berbagai PTN itu terdiri dari ITB 3 orang, UPI Bandung 1 orang, Undip 2 orang, UNY 1 orang, Universitas Teknik Sumatra (Intra) Lampung 1 orang , Unand 13, UNP 15 orang dan sebagainya.

”Mereka semua merupakan siswa MAN 2 Padang tahun ajaran 2018 -2019 dan lulus di berbagai PTN di Indonesia melalui jalur SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Negeri) tampa mengikuti tes,” jelas Ardhi.

Ditambahkan Ardhi, pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 2019 yang tembus angka 38, meningkat dari SMNPTN tahun 2010 lalu yang hanya 34 siswa. Kemudian, pada ITB juga terjadi peningkatkan tahun 2019 sebanyak 3 siswa, sedangkan tahun 2018 hanya sebanyak 1 siswa.

Kemudian, pada penerimaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negara (PTKIN) pada lulusan tahun 2018 lalu tembus sebanyak 114 siswa. Tapi pada tahun ajaran 2019 terjadi penurunan hanya sekitar 47 siswa. Hal ini dikarenakan para lulusan lebih meminati perguruan tinggi favorit lainnya selain PTKIN.

Dia menambahkan, prestasi yang dicapai siswa-siswanya tersebut, agar bisa memotivasi siswa-siswi kelas X dan XI agar adapat meneladani prestasi tersebut.

“MAN 2 Padang berhasil meraih predikat akreditasi A, sehingga dapat memperkuat posisi madrasah ini untuk berpeluang 30 persen mengantarkan para alumni lulus tampa mengikuti tes di berbagai perguruan tinggi favorit di Indonesia. Bahkan ada salah satu siswa mendapat beasiswa magang ke Universitas Tokyo Jepang,” ujar Ardhi.

Ardhi mengatakan, pihaknya telah berupaya secara maksimal untuk mengantarkan para alumni sukses menempuh jalur undagan. Berbagai bentuk kerjasama dengan PTN ternama di luar Sumatra pun, katanya, juga telah dilakukan. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional