Menu

100 Bibit Matoa bakal Ditanam di Jalan Sutan Syahrir

  Dibaca : 174 kali
100 Bibit Matoa bakal Ditanam di Jalan Sutan Syahrir
PERSIAPAN— Rapat persiapan penanaman bibit buah matoa di Kelurahan Mata Air di pos pemuda Lapangan Villa Mega, Jumat (4/12).

MATA AIR, METRO
Sebanyak 100 bibit matoa akan ditanam di sepanjang Jalan Sutan Syahrir di RW I dan II, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan. Penanaman itu dilakukan sebagai upaya peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan. Serta didesain sebagai pilot project atau percontohan.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat persiapan launching pencanangan penanaman bibit buah matoa Kelurahan Mata Air yang digelar di pos pemuda lapangan Villa Mega, Jumat (4/12) yang dihadiri oleh RT, RW, LPM, Lurah, tokoh masyarakat mata air serta, Amril Amin selaku wakil ketua DPRD Kota Padang.

Pada sambutannya, tokoh masyarakat kelurahan mata air Jup Kelly yang didampingi Ketua LPM Mata Air Abdul Aziz mengatakan, launching pencanangan penanaman bibit buah matoa diprakarsai oleh bhabinkamtibmas Polsek Padang Selatan Aipda Novri yang didukung oleh Lurah Mata Air, perangkat LPM dan tokoh masyarakat.

“Ide penanaman bibit matoa dari bhabinkamtibmas kita tampung bersama elemen masyarakat dan akan aplikasi penerapan dalam bulan ini insya Allah. Seperti kita ketahui, matoa adalah merupakan jenis tanaman berbuah yang sangat khas dan berasal dari Papua. Tanaman buah matoa Papua adalah termasuk ke dalam golongan pepohonan besar karena pohonnya bisa mencapai ketinggian 18 meter dan diameter sampai maksimum 100cm. Buah ini enak dan banyak khasiatnya untuk kesehatan,” terang Jup Kelly.

Ia mengatakan, sebagai bhabinkamtibmas terbaik Kota Padang tahun 2020, Aipda Novri sudah banyak penghargaan yang didapatkannya. Ia aktif bekerja sama dengan semua elemen masyarakat, menjaga situasi kondusif di Kelurahan Mata Air.

“Untuk itu ide yang kreatif untuk kemajuan Kelurahan Mata Air kami dukung penuh bersama lurah, LPM serta warga Mata Air,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Mata Air, Betty Ernita mengatakan, penanaman bibit matoa juga merupakan program LPM yang didukung oleh Kecamatan Padang Selatan. “Program tersebut juga dukung oleh Bapak Camat Padang Selatan Teddy Antonius, yang akan dianggarkan dari kecamatan. Mudah-mudahan nantinya akan berhasil dan menjadi ikon percontohan buah matoa di Kota Padang,” kata Betty.

Selain itu, Betty menyebutkan program ini tujuannya, sebagai pengerak ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat Kelurahan Mata Air. Hal senada dikatakan, Wakil Ketua DPRD Padang Amril Amin. Ia akan memberikan apresiasi dan support atas program penanaman buah matoa Kelurahan Mata Air.

“Semoga empat pilar, yakni, Lurah, LPM, RT/RW dan Bhabinkamtibmas selalu bersatu untuk kemajuan di kelurahan. Saya harap akan ada lagi ide yang positif untuk kemajuan serta peningkatan ekonomi,”pungkas Aciak, sapaan akrab Amril Amin. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional