Menu

10 Persimpangan Dipasang CCTV, Siap-siap e-Tilang segera Diterapkan

  Dibaca : 437 kali
10 Persimpangan Dipasang CCTV, Siap-siap e-Tilang segera Diterapkan
PELATIHAN— Personel Satlantas Polresta Padang mengikuti pelatihan penggunaan dan penjagaan perangkat di ruang TMC.

M YAMIN, METRO
Para pengendara yang melintas di jalan-jalan Kota Padang, harus siap-siap. Sebab, saat ini sudah ada 10 titik persimpangan yang dipasang CCTV yang berfungsi sebagai monitoring berupa keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas.

Dari 10 titik itu, lima diantaranya menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) atau e-tilang. Bagi para pengendara yang melanggar akan ditindak tegas. Seperti tidak memakai helm, tidak memakai sabuk pengaman, main ponsel ketika berkendara dan pelanggaran lainnya. Semua CCTV tersebut akan dikendalikan dari ruang Traffic Management Center (TMC) Polresta Padang.

Saat ini sebanyak 10 orang personel dari Satlantas Polresta Padang akan mendapatkan pelatihan penggunaan dan penjagaan perangkat yang berada di ruang TMC Polresta Padang. Hal ini dimaksudkan guna mempersiapkan penggunaan TMC untuk memantau kondisi lalu lintas serta kejadian lain di wilayah hukum Polresta Padang,

Pantauan POSMETRO, Selasa (20/10), terlihat perwakilan Korlantas Mabes Polri yang dipimpin oleh AKBP Dhafi melatih sekitar 10 personel Satlantas Polresta Padang untuk mempergunakan TMC. AKBP Dhafi yang menjabat sebagai pejabat pembuat komitmen Korlantas Mabes Polri mengatakan, untuk tiga hari ini petugas yang akan menjalankan TMC dilatih.

“Mereka semua kita ajarkan bagaimana cara memakainya. TMC tersebut berguna memantau semua aktivitas para pengendara di Kota Padang. Di sana juga akan memantau pelanggaran berlalu lintas,” ungkapnya.

AKBP Dhafi menambahkan, alat ini tersambung dengan pusat. Jadi apa yang dilihat, bisa juga diakses dipusat. “Saya berharap dengan adanya alat ini, pengendara di Kota Padang taat dalam peraturan berlalu lintas,” ujarnya.

Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir melalui Kasatlantas, AKP Sukur Hendri Saputra mengatakan, TMC berguna memantau kondisi lalu lintas serta kejadian lain di wilayah hukum Polresta Padang. Fasilitas TMC Polresta Padang ini berada di Satpas SIM Polresta Padang yang merupakan bangunan mushalla lama yang saat ini telah dipindahkan ke depan Mako Polresta Padang.

“Semua CCTV tersebut kami kendalikan dari TMC ini, sehingga kami bisa mengetahui secara riil kondisi arus lalu lintas atau jika ada kejadian misalkan kecelakaan di persimpangan akan mudah dipantau, sekaligus menjadi pemantauan pelanggan,” sebut AKP Syukur.

Ia menjelaskan, ada 10 titik persimpangan yang dipasang CCTV yang berfungsi sebagai monitoring berupa keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas. Sementara itu lima titik yang dipasang CCTV akan terapkan e-tilang.

Sebanyak 10 titik CCTV yang melakukan monitoring Kamseltibcar yaitu Simpang Polresta, Simpang Mandiri, Simpang Ulak Karang, Simpang Borobudur, Simpang Olo Ladang, Simpang Alai, Simpang Hang Tuah, Simpang Bypass Lubeg, Simpang Bypass Ketaping, Simpang Kampung Lalang.

Sementara itu, lima titik persimpangan yang akan menerapkan e-tilang yaitu Simpang DPRD, Simpang Ujung Gurun, Simpang Bank Indonesia, Simpang Lamun Ombak, dan Simpang Jambria.

“Pada lima titik yang menerapkan e-tilang ini nantinya akan memakai kamera khusus yang sudah memiliki spesifikasi yang layak untuk mendukung e-TLE, dan akan menerapkan tilang elektronik kepada pelanggar berupa pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara yang menggunakan handphone, serta perputaran arah (u turn) Simpang BI,” sebutnya.

Ia mengharpkan, dengan adanya TMC yang menurut rencana akan diresmikan dalam waktu dekat ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Khusus bagi kepolisian dengan adanya TMC dapat membantu dalam memantau kondisi lalu lintas hanya dengan melalui layar monitor.

“Mudah-mudahan warga Kota Padang taat terhadap aturan berlalu lintas. Untuk warga Kota Padang, patuhilah peraturan berlalu lintas jangan sampai ditindak tegas,” ungkapnya (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional