Menu

10 Penunggu Pasien di M Djamil Positif Covid-19

  Dibaca : 83 kali
10 Penunggu Pasien di M Djamil Positif Covid-19
JUMPA PERS--Direktur Utama RSUP DR M Djamil Padang Yusirwan Yusuf memberikan keterangan pers terkait 10 penunggu pasien yang positif Covid-19, Selasa (4/5).

PADANG, METRO
Direktur Utama RSUP DR M Djamil Padang Yusirwan Yusuf mengatakan, pihaknya menemukan penunggu pasien terpapar Covid-19. Hal tersebut setelah penerapan tes swab kepada penunggu pasien yang dilakukan pada Senin (3/5).

“Ada 10 penunggu keluarga pasien positif Covid-19. Itu hasil sweeping ke-200 lebih penunggu, seluruhnya orang tanpa gejala,” katanya di RSUP DR M Djamil, Selasa (4/5).

Yusirwan menambahkan, 7 di antaranya sudah dijemput oleh Dinas Kesehatan masing-masing. Sementara sisanya masih menunggu untuk dijemput.

“Bagi yang belum dijemput kita berikan tempat pelayanan bukan sebagai pasien, karena bukan kategori yang bergejala, sementara rumah sakit kita hanya menangani orang yang bergejala,” kata dia.

Terkait protes, Yusirwan meminta keluarga pasien memaklumi, karena kondisi lonjakan kasus sekarang ini sehingga kebijakan tersebut diambil. “Penunggu di beranda juga kita kosongkan. Bagi keluarga pasien yang tidak mampu, bagian gizi yang menanggung makannya,” kata dia.

Seperti diketahui sebelumnya, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) DR M Djamil Padang kembali meniadakan jam besuk bagi keluarga atau kerabat pasien. Kebijakan tersebut diambil karena angka positif Covid-19 di Sumbar yang mengalami lonjakan selama dua pekan terakhir. “Tujuannya mencegah penyebaran virus. Kebijakan ini berlaku hingga kondisi normal kembali,” kata Yusirwan.

Ia menambahkan, bagi penunggu pasien juga diberlakukan wajib dilakukan tes swab. Setelah hasilnya negatif, tidak lagi dibolehkan keluar dari ruang pasien.

“Untuk penunggu, kami fasilitasi untuk tes swab gratis. Setelah hasilnya negatif, mereka tidak boleh keluar dari zona hijau. Bagi orang yang menggantikan penunggu pasien, juga diwajibkan untuk melakukan swab. Tapi untuk biayanya dibebankan kepada yang bersangkutan. Kebijakan ini tentu akan cukup membosankan bagi penunggu pasien, namun ini dilakukan untuk kebaikan bersama,”tutupnya.

145 Warga Sumbar Terpapar Virus Covid-19
Penderita Covid-19 terus bertambah di Sumbar dan jumlahnya sudah mencapai 37.582 orang. Selasa (4/5) kembali diketahui ada 145 orang terpapar virus berbahaya itu dan lima orang dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan,  terjadi penambahan 145 orang warga sumbar positif terinfeksi covid-19. Sembuh bertambah 223 orang, sehingga total sembuh 34.465 orang.

“Spesimen sampai hari ini jumlah spesimen diperiksa 662.737 dan jumlah orang diperiksa 440.592. Sementara  positivity rate (PR) 8,53%,” kata Jasman.

Warga Sumbar terkonfirmasi positif sebanyak 145 orang dengan rincian, Kota Padang 61 orang, Padangpanjang 3 orang, Bukittinggi 8 orang, Payakumbuh 5 orang, Kota Solok 2 orang, Kota Sawahlunto 1 orang, Kota Pariaman 1 orang, Kabupaten Padangpariaman 8 orang.

“Kabupaten Agam 17 orang, Kabupaten Limapuluh Kota 16 orang, Kabupaten Solok 7 orang, Kabupaten Tanahdatar 4 orang, Kabupaten Sijunjung 2 orang, Kabupaten Pesisir Selatan 4 orang Kabupaten Pasaman Barat 2 orang, Kabupaten Dharmasraya 1 orang dan  Kabupaten Solok Selatan 3 orang,” katanya.

Seperti biasa, katanya, data ini didapat dari Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

“Dilaporkan 1.690 sample yang diperiksa (Fakultas Kedokteran Unand 1.504 sample, Laboratorium Veteriner Baso Kab. Agam 186 sample), terkonfirmasi tambahan 145 (seratus empat puluh lima) orang warga Sumbar positif terinfeksi covid-19, kesembuhan pasien covid-19 setelah 2x konversi negatif bertambah 223 orang dan meninggal bertambah 5 orang,” katanya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional