Close

10 Bulan, 70 Kasus Kebakaran Terjadi di Payakumbuh

KASUS KEBAKARAN TERTINGGI— Kabid Damkar Kota Payakumbuh, Budi Kurniawan saat berikan keterangan kepada wartawan tentang kasus kebakaran yang terjadi hingga Oktober 2022.

SUDIRMAN, METRO–Peristiwa kebakaran di Kota Payakumbuh pada ta­hun 2022 ini terbilang tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sejak awal Januari hingga Oktober 2022, Bidang Pemadam Kebakaran mencatat terjadi sekitar 70 peristiwa kebakaran, sementara pada tahun 2021 lalu hingga akhir Desember tercatat 70 peristiwa kebakaran.

Tingginya peristiwa kebakaran pada tahun ini disebabkan cuaca ektrim yang panas yang terjadi waktu lalu, korsleting, alat pemasak serta kelalaian anak-anak yang bermain api. Selain itu juga disebabkan pembakaran sampah yang tidak diawasi sehingga bara api yang tertiup angin menjadi api yang membesar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (KABID) Damkar Kota Payakumbuh, Budi Kurniawan, Selasa (25/10). Peristiwa kebakaran terbaru yang terjadi di Payakumbuh adalah terba­karnya sebuah rumah adat di Kelurahan Pakan Sinayan Kecamatan Payakumbuh Barat yang biasanya dijadikan sebagai tempat menggaji anak-anak disekitar.

“Untuk peristiwa kebakaran yang terjadi di Payakumbuh meningkat pada tahun ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sejak awal Januari hingga Oktober 2022, Bi­dang Pemadam Kebakaran mencatat terjadi sekitar 70 peristiwa kebakaran, sementara pada tahun 2021 lalu hingga akhir Desember tercatat 70 peristiwa kebakaran,” sebut Budi.

Mantan Lurah Payolan­sek itu juga menambahkan, dari 70 peristiwa kebakaran yang terjadi hingga Oktober 2022 itu yang terbanyak terbakar adalah rumah dan berada di Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Yang banyak terbakar sejak awal Januari lalu adalah rumah, dan dari lima Kecamatan yang ada, di Kecamatan Payakumbuh Barat paling sering terjadi pe­ristiwa kebakaran,” ucap­nya.

Selain melakukan pemadaman terhadap peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Payakumbuh, Tim Damkar yang dikomandoi Budi juga kerap melakukan perbantuan pemadaman di daerah tetangga, Kabupaten Limapuluh Kota. Total perbantuan pemadaman yang diberikan mencapai 25 peristiwa kebakaran.

Mengantisipasi terus bertambahnya jumlah pe­ris­tiwa kebakaran di Kota Pa­yakumbuh, Pemadam Ke­bakaran terus melakukan sosialisasi terhadap ibu-ibu rumah tangga terkait pencegahan dan penanganan kebakaran, mere­krut puluhan relawan pema­dam kebakaran yang berasal dari Kelurahan untuk perpanjangan tangan terkait sosialisasi pencegahan, Pemadaman awak, eva­kuasi korban serta membantu mensterilkan lokasi kebakaran.

“Untuk mengantisipasi kasus kebakaran, kita mela­kukan sosialisasi terhadap ibu-ibu rumah tangga yang ada di Kecamatan terkait pencegahan dan penanganan kebakaran, merekrut puluhan relawan pemadam kebakaran yang berasal dari Kelurahan dengan se­jumlah peran, terutama atau inti adalah melaporkan jika terjadi peristiwa kebakaran,” tutup Budi. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top