Menu

1 Warga Positif Covid-19, Sawahlunto Zona Kuning, Total Kasus di Sumbar 874, Sembuh 743 Orang

  Dibaca : 215 kali
1 Warga Positif Covid-19, Sawahlunto Zona Kuning, Total Kasus di Sumbar 874, Sembuh 743 Orang
Jasman Rizal, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar

PADANG, METRO
Warga Sumbar yang dinyatakan positif terjangkit virus corona (Covid-19) masih terus mengalami penambahan. Selasa (28/7), dilaporkan adanya penambahan lima orang lagi yang positif Covid-19, sehingga total kasus di Sumbar kini menjadi 874 kasus.

Selain penambahan kasus positif Covid-19, juga ada penambahan pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak empat orang. Total pasien sembuh pun menjadi 743 orang. Sementara yang meninggal masih tetap pada angka 33 orang. Artinya, jumlah warga Sumbar yang psotif Covid-19 tinggal 98 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal mengatakan, penambahan kasus baru lima orang porsitif positif baru tersebut merupakan hasil pemeriksaan terhadap 576 sampel di dua laboratorium di bawah pimpinan dan penanggung jawab Dr Andani Eka Putra. 568 sampel diperiksa di labor kedokteran Unand dan 8 spesimen di labor Baso, Agam.

“Lima orang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, tiga orang berasal dari Kota Padang. Kemudian satu orang dari Kabupaten Agam serta satu lagi dari Kota Sawahlunto. Sementra, empat pasien sembuh, tiga berasal dari Kota Padang dan satu orang dari Kabupaten Solok,” kata Jasman.

Dijelaskan Jasman, dengan adanya satu orang positif Covid-19 dari Kota Sawahlunto, selama kurang lebih 2 bulan Kota Sawahlunto masuk zona hijau. Namun setelah ada terkonfirmasi, status kota Sawahlunto langsung masuk zona kuning.

Jasman menuturkan, dari 19 Kabupaten Kota Se Sumatera Barat, setelah 20 Minggu masa status tanggap darurat pandemi Covid-19 diberlakukan, kategori daerah berdasarkan zona adalah, Kabupaten Solok masuk dalam zona orange. Kemudian zona kuning, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten 50 Kota, Kota Sawahlunto.

“Zona hijau, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok Selatan. Tetaplah jaga kesehatan dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Semoga wabah pandemi covid-19 segera berakhir,” tutup Jasman. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional