Close

1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019

JAKARTA, METRO—Idul Fitri 1440 H telah ditetapkan pemerintah Republik Indonesia jatuh pada hari Rabu (5/6). Hal ini disampaikan Mentreri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin usai memimpin sidang isbad penentuan 1 Syawal, Senin (3/6) sore.

“Kami telah mendapatkan penjelasan dan gambaran dari semua penjuru Indonesia dan Dunia. Bahwasannya, hilal masih terlihat minus 0,5 derajar sampai di bawah 0 derajat. Artinya tahun ini, Ramadhan kita genapkan menjadi 30 hari. Artinya besok (Selasa, red) kita masih berpuasa,” kata Lukman Hakim dalam keterangan pers sekitar pukul 19.00 WIB.

Sebelumnya disebutkan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga memimpin secara langsung sidang isbat penentuan 1 Syawal 1440 H.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin di Jakarta mengatakan, sidang isbat akan dihadiri para duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung (MA), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB).

Juga ada dari Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

“Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan Qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah,” ujarnya. (adm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top