Close

1.800 Unit Rumah tak Layak Huni di Kota Padang bakal Direhab, Rp20 Juta Langsung Masruk Rekening Pemilik Rumah

Tri Hadiyanto Kepala DPRKPP Kota Padang.

SUDIRMAN, METRO–Masyarakat yang memiliki rumah tak layak huni di Kota Padang bakal kebagian jatah bantuan di tahun 2022 nanti. Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Per­ta­na­han  (DPRKPP) Kota Pa­dang memastikan, pada tahun 2022, pemerintah pusat akan merehab seba­nyak 1.800 unit rumah tak layak huni yang ada di Padang.

Kepala DPRKPP Kota Pa­dang, Tri Hadiyanto me­n­yebutkan bantuan itu be­ra­sal dari APBN. Nilainya untuk 1 unit rumah Rp20 juta. Uang bantuan akan langsung masuk ke reke­ning pemilik rumah. Dan rehab dilakukan oleh pe­milik rumah dengan penga­wasan fasilitator yang di­tun­juk.

Terkait data penerima, saat ini, kata Tri, DPRKPP Kota Padang sudah me­mi­liki sistem pendataan yang jelas yang disebut sistem e-RTLH Kota Pa­dang. Di mana data dari sistem itu, jumlah rumah di Kota Pa­dang sebanyak 238.000 unit. Dari jumlah tersebut, seba­nyak 9.700 unit tak layak huni.

Untuk mempercepat program tersebut, DPRKPP saat ini telah melakukan verifikasi lapangan ter­ha­dap sebanyak 4.200 unit rumah. Dari jumlah itu, sebanyak 1.800 unit tanah­nya milik sendiri, 540 unit tanah adat dan sisanya memakai tanah orang lain.

“Yang diusulkan untuk menerima bantuan rehab adalah yang tanahnya mi­lik sendiri. Kita sudah usul­kan. Tahun 2022, mereka bisa terima bantuan,” tan­das Tri Hadiyanto.

Sementara di tahun 2021 ini, jumlah rumah tidak layak huni yang telah direhab adalah 200 unit. “Bagi yang sudah dapat bantuan, dipastikan tak akan dapat lagi,” katanya. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top