Menu

1-31 Agustus Warga Diimbau Kibarkan Bendera Merah Putih

  Dibaca : 342 kali
1-31 Agustus Warga Diimbau Kibarkan Bendera Merah Putih
JUAL BENDERA— Jelang Peringatan Hari Kemerdekaan RI, penjualan bendera mulai marak. Salah satunya di kawasan Simpang Haru.

AIAPACAH, METRO
Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengimbau kepada seluruh warga untuk menaikkan bendera merah putih selama Agustus nanti. Tidak itu saja, Mahyeldi juga meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi contoh teladan dalam mengibarkan bendera merah putih di tempat tinggalnya masing-masing.

“Seluruh warga agar mengibarkan bendera merah putih mulai 1 hingga 31 Agustus 2020,” harap Mahyeldi, Selasa (28/7).

Imbauan ini tertuang ke dalam Surat Edaran (SE) bernomor 200/448/Kesbangpol/2020 tentang Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT RI ke-75. Dalam surat edaran yang ditandatangani pada 1 Juli 2020 itu, Mahyeldi juga menekankan agar seluruh warga termasuk perkantoran dan lainnya untuk memasang umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya mulai 1 Juli hingga 31 Agustus 2020.

“Khusus kepada Camat dan Lurah diharapkan memberikan imbauan kepada masyarakat melalui ketua RW dan RT di wilayah masing-masing,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi mengajak seluruh perangkat pemerintahan terendah di daerahnya untuk mengimbau warganya agar mengikuti siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden RI pada 14 Agustus 2020 melalui kanal media massa. Seperti televisi, radio, media online, dan lainnya. Termasuk menghentikan aktivitas sejenak pada 17 Agustus 2020 mulai pukul 10.17 WIB hingga pukul 10.20 WIB.

“Seluruh masyarakat berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak. Dan pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan,” tukas Mahyeldi.

Penjualan Bendera Mulai Marak
Sementara itu, jelang Peringatan Hari Kemerdekaan RI, penjualan bendera mulai marak. Sejumlah jalan utama mulai ramai oleh penjual bendera. Seperti yang terlihat di kawasan Simpang Haru Padang, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Sawahan Padang. Penjual bendera dadakan sudah ramai menggelar dagangannya.

Tak hanya itu, di sejumlah perempatan pun juga mulai ramai oleh pedagang dadakan yang menjual berbagai pernak pernik berlatar bendera merah putih. Harganyapun bervariasi. Mulai dari, Rp5 ribu hingga Rp50 ribu. “Beli bendera buk,” kata Budi (40), salah seorang pedagang di perempatan jalan Ketaping Padang.

Menurut Budi, harga bendera bervariasi, tergantung ukuran dan bahan. Indra (40), pedagang lainnya di Jalan Imam Bonjol mengatakan, penjualan bendera mulai marak, namun pembeli masih sepi. Kondisi ini berbeda dari tahun sebelumnya yang cukup ramai dan meriah.

“Sekarang mungkin karena ekonomi lagi lesu dan corona, jual beli masih sepi. Padahal sudah mendekati bulan Agustus,” tandas Indra. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional