Close

1.000 Unit Mobnas Pemko Padang Jalani Uji Emisi

PASANG ALAT UJI EMISI— Pj Sekda Padang, Arfian memasang alat uji emisi pada mobil dinas yang dipakainya saat dilakukan uji emisi di pelataran parkir TMP Lolong, Rabu (13/10).

LOLONG, METRO–Sebanyak 1000 unit kendaraan dinas milik Pemko Padang menjalani uji emisi yang digelar di plataran parkir makam pahlawan Lolong Padang, Rabu (13/10). Uji emisi ini dilakukan guna memantau gas buang dari kendaraan tersebut yang bisa memicu pence­maran udara.

Uji emisi kendaraan pertama kali dilakukan pa­da mobnas milik Pj Sekda Arfian. Setelah diperiksa, ternyata mibnas dengan nomor BA 6 A ini lulus uji emisi dengan gas buang yang di bawah baku mutu. Selanjutnya, pengujian dii­kuti oleh mobnas  kepala-kepala dinas di jajaran Pem­ko Padang serta ken­da­raan operasional OPD.

“Tujuan kita adalah untuk mengetahui sejauh mana kondisi gas buang dari masing-masing kendaraan tersebut,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon.

Uji emisi itu dilakukan selama 2 hari dengan target 1.000 unit kendaraan dinas Pemko Padang. Namun tidak menutup kemungkinan pula untuk kendaraan-kendaraan umum milik masyarakat.

Dengan mengetahui hasil uji emisi, pemilik kendaraan diharapkan bisa melakukan perawatan terhadap kendaraanya sehingga mesin tidak mengeluarkan gas buang melebihi bakumutu yang bisa menimbulkan pencemaran udara.

Pj Sekda Kota Padang, Arfian mengatakan asap ken­daraan adalah salahsatu sebab terjadinya pen­ce­maran udara. Apalagi saat ini, ada jutaan kenda­raan yang berlalu lalang di jalanan kota. Semuanya me­ngeluarkan gas buang yang berpotensi menye­babkan pencemaran. Dengan me­ngi­kuti uji emisi, pemilik kendaraan bisa memantau kondisi mesin kendaraan mereka sehingga tidak lagi me­n yumbangkan polusi.

“Tidak hanya pada kendaraan dinas, kita berharap masyarakat umum juga mengikuti uji emisi ini,” tandasnya. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top