Close

1.000 Kader PKS Divaksin di Kecamatan Koto Ta­ngah, Sediakan 13.000 Dosis Vaksin Sinovac dan Moderna

TINJAU VAKSINASI— Ketua DPW PKS Sumbar yang juga Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah melihat langsung vaksinasi massal yang digelar DPW PKS Sumbar, Minggu (3/10) di kantor DPW PKS Sumbar, Jalan Adinegoro, Kelurahan Bungo Pasang.

ADINEGORO, METRO–DPW Partai Keadilan Se­jah­tera (PKS) Sumbar meng­gelar vaksinasi massal di kantor DPW PKS Jalan Adi­negoro Nomor 21A, Bungo Pasang, Kecamatan Koto Ta­ngah, Minggu (3/10). Kegiatan mengusung tema “Vaksinasi Massal 1000 Vaksinasi Covid-19 Bersama PKS Sumbar”, tersebut menyediakan 13.000 vaksin baik Sinovac maupun Moderna dan me­nar­getkan minimal 1000 orang keluarga kader Par­tai PKS di Sumbar menda­patkan pelayanan vaksi­na­si yang menurut rencana akan berlangsung selama 3 hari.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPW PKS Sumbar yang juga Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah sekaligus membuka secara resmi kegiatan. Hadir juga Sekretaris umum DPW PKS Rahmat Saleh, anggota DPRD Pa­dang Fraksi PKS Muharlion.

Nasrul Hikman selaku ketua panitia pelaksana mengungkapkan, kegiatan tersebut terselenggarakan bekerjasama dengan rumah sakit umum pusat (RSUP) M. Djamil Padang yang mendatangkan tenaga kesehatan (nakes) me­lakukan proses vaksinasi.

“Kami menyediakan 13.000 dosis vaksin baik Sinovac maupun Moderna, dimana minimal 1000 diantaranya bagi keluarga kader PKS yang ada di seluruh Sumbar,” katanya.

Dengan adanya vaksinasi massal ini ucap Nasrul, sebagai ikhtiar mencapai kekebalan komunal (herd imunity). Diharapkan, semakin banyak warga yang divaksin maka semakin cepat herd immunity tercapai.

“Di samping sebagai ikhtiar manusiawi kita, yakin Allah mendatangkan penyakit beserta obatnya, semoga ini menjadi wasilah kita sebagai tanda syukur atas potensi yang telah Allah berikan, untuk mencari jawaban atas ujian yang Allah berikan, termasuk pandemi ini,” imbuhnya.

Dilanjutkan, untuk proses vaksinasi sendiri, sama halnya dengan vaksinasi yang telah ada sebelumnya yaitu melalui proses screning data, mengukur tekanan darah yang semuanya dilakukan oleh Nakes yang didatangkan langsung dari RSUP M. Djamil Padang.

“Disediakan dua dosis vaksin yaitu Sinovac bagi yang melakukan vaksin kedua, dan juga disediakan vaksin jenis Moderna bagi masyarakat yang belum pernah divaksin,” ujarnya.

Ketua umum DPW PKS Sumbar Mahyeldi Ansha­rullah mengatakan, apa yang dilakukan oleh PKS ini diharapkan tidak ada lagi warga masyarakat yang ragu dengan vaksin.

“Karena terbukti MUI sudah menfatwakan vaksin ini halal, kemudian pemerintah juga sudah memprogramkan. Sehingga, PKS melalui dewan syariahnya juga sudah memerintahkan untuk melakukan vaksin,” ujar Mahyeldi.

Untuk itu, Buya (sapaan akrab Mahyeldi) mengharapkan kepada pengurus dan kader-kader PKS Sumbar menjadi yang terdepan di dalam pelaksanaan vaksinasi yang bisa dilakukan hingga tingkat kelurahan dan ecamatan.

“Untuk vaksin itu bisa dimintakan kepada dinas kesehatan kabupaten/kota, juga di provinsi, dan RSUP M. Djamil pun bisa memfasilitasi. Sehingga tidak ada hambatan untuk pelaksanaan vaksin disetiap kecamatan, atau juga bisa dilakukan di setiap kelurahan yang bisa bekerjasama dengan puskesmas, rumah sakit, bahkan juga dari kepolisian, dan TNI, ini harus kita maksimalkan hingga mencapai target 70% masyarakat yang harus divaksin di Sumbar. Sehingga nanti akan terbentuk herd immunity,” katanya.

Dalam faktanya sebut Mahyeldi, ketika seorang sudah di vaksin dan bersinggungan dengan virus covid, tapi dia cepat sembuh, kemudian gejalanya tidak banyak artinya dia lebih tahan. Itu makanya vaksin adalah salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan disamping juga dengan mengatur pola ma­kan  dan banyak minum vitamin.

“Mudah-mudahan pa­da hari ini sesuai dengan target bisa mencapai minimal 1000 orang, dan ini menunjukkan kepada kita ba­gaimana keseriusan PKS dalam rangka untuk mendukung program pemerintah yaitu vaksinasi,” imbuhnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top