Menu

Partai Garuda Siap Beri Kejutan

  Dibaca : 488 kali
Partai Garuda Siap Beri Kejutan
Ketua DPC Partai Garuda Kota Padang, Taufik Hafni (kiri) bersama Ketua Umum DPP Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana (tengah) dan Bendahara DPC Partai Garuda Padang, Ridha Afwan (kanan)

PADANG, METRO – Menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) Kota Padang tahun 2019, DPC Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Kota Padang, telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg).

Ketua DPC Partai Garuda Kota Padang, Taufik Hafni didampingi Sekretaris Afrizon Muslim mengatakan, hingga Sabtu (24/3), sudah 26 bacaleg yang mendaftar di partai ini.

“Saat ini DPC Partai Garuda Padang sedang melakukan penjaringan terhadap bacaleg. Tim penjaringan sudah terbentuk. Kita targetkan pertengahan Mei proses penjaringan selesai dilakukan,” terang Taufik.

Taufik menambahkan, dalam proses penjaringannya, bacaleg yang mendaftar di DPC Partai Garuda Padang, harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan AD/ART partai.

“Persyaratannya, sehat jasmani dan rohani, punya rekam jejak yang bagus, siap untuk jadi tokoh, karena Partai Garuda merupakan partai yang melahirkan tokoh. Persyaratan lainnya, memiliki popularitas, integritas dan setia kepada Pancasila, UUD 1945 dan cita-cita proklamasi,” tegasnya.

Afrizon menambahkan, bagi bacaleg yang ingin mendaftar di Partai Garuda, silahkan datang ke Jalan Beringin Raya No 23, Sekretariat DPD Partai Garuda Sumbar. Selain pendaftaran langsung, DPC Partai Garuda Kota Padang juga melayani pendaftaran online dengan alamat, http://caleg.registrasi.org/user/profile#.

Partai Garuda menjadi salah satu partai yang fenomenal. Partai yang lahir Februari 2015 lalu ini dinyatakan KPU lolos verifikasi faktual dan berhak ikut pileg dan pemilihan presiden tahun 2019 nanti. Hadirnya Partai Garuda sebagai konstentan pemilu nanti, bertekad ingin membawa gerakan perubahan di Indonesia. Salah satu gerakan perubahan tersebut, partai bernomor urut 6 ini tegas menyatakan, anti korupsi dan berpolitik dengan biaya rendah. Partai ini menurutnya, tidak terafiliasi dengan pihak manapun, tetapi lahir dari rakyat.

Menghadapi pemilu 2019 nanti, Partai Garuda telah melakukan persiapan yang matang. Selain saat ini fokus pada penjaringan bacaleg, Partai Garuda juga telah konsolidasi internal. Bahkan pekan lalu, telah dilaksanakan Rakerda di Kota Bukittinggi, yang dihadiri langsung Ketua Umum DPP Partai Garuda, Ahmad Ridha Sabana.

Khusus DPC Partai Garuda Padang, saat ini telah membentuk kepengurusan PAC kecamatan dan ranting hingga 100 persen. Dengan terbentuknya seluruh PAC hingga ke ranting, saat ini seluruh kader Partai Garuda turun untuk berbuat ke tengah masyarakat.

Bendahara DPC Partai Garuda Padang, Ridha Afwan menargetkan, untuk Pileg Kota Padang tahun 2019 nanti, DPC Partai Garuda Padang menargetkan mampu meraih enam kursi di DPRD Padang. Untuk mewujudkannya, DPC Partai Garuda Padang mematangkan proses penjaringan bacaleg.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Garuda Sumbar, Devi Erawati, SE mengatakan, dalam proses rekuitmen, syarat dasarnya sudah diatur dalam AD/ART partai, seperti, tanda tangan kesiapan menjadi kader, KTA, kontrak perjanjian loyal ke partai dan kesediaan melaksanakan tugas-tugas kepartaian, hingga melaksanakan latihan basic organisasi dasar kepartaian.

Saat ini, kegiatan yang mendesak dilakukan Partai Garuda, yakni mempersiapkan bacaleg dari seluruh kuota yang telah ditetapkan di Indonesia. Targetnya, 100 persen kuota terpenuhi dan memaksimalkan keterwakilan perempuan 30 persen.

Dalam memilah dan memilih bacaleg, menurutnya, ada empat kriteria yang menjadi juklak dan juknis yang teah ditetapkan DPP Partai Garuda dan dilaksanakan seluruh DPD dan DPC Partai Garuda se Indonesia.

Kriteria tersebut, yakni, pertama, integritas. Bacaleg Partai Garuda ke depan akan menjadi patrotik partai dan tidak mudah keluar masuk partai. Karena itu, integritasnya harus jelas.

Kriteria lainnya, kualitas tidak hanya memenuhi standar minimal sesuai peraturan perundang-undangan. Tidak hanya sekedar tamat SMA, S1, S2 dan S3, tetapi ada ilmu yang memiliki persamaan. Misalnya, tamat SMA, tetapi memiliki eksperience yang banyak, tentu kualitasnya lebih dari tamat SMA.

Kriteria lainnya, harus memiliki akseptabilitas. Untuk kriteria ini tingkat keterpilihannya muncul karena diciptakan. Formulanya sudah dirumuskan. Kader dalam melaksanakan aktivitasnya tanpa mengenal kasta di bawah. Mengedepankan kerja nyata secara profesional. Mengedukasi masyarakat, turun ke masyarakat melaksanakan pendidikan.

Kriteria lainnya, popularitas. Kriteria ini merupakan point penting dan berbanding lurus dengan akseptabibilitas. Mereka yang populer di tengah masyarakat dalam mempengaruhi keterpilihan itu menjadi suatu yang gampang.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional